Sabtu, 27 April 2024

Pemerintah Tegaskan Orang yang Terinfeksi Virus Corona Bisa Sembuh

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Petugas medis menyemprotkan cairan disinfektan pada WNI yang baru tiba dari Wuhan, China, di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020). Sebanyak 238 WNI itu selanjutnya dipindahkan ke Natuna untuk menjalani observasi selama kurang lebih dua minggu guna memastikan kesehatannya dan terbebas dari virus corona. Foto: Kementerian Luar Negeri RI

Achmad Yurianto Juru Bicara Pemerintah Khusus Penanganan Virus Corona mengungkapkan, tim ahli yang dibentuk organisasi kesehatan dunia (WHO) memang belum menemukan obat dan vaksin penangkal Covid-19.

Tapi, Dokter Yurianto menegaskan, orang yang terinfeksi Virus Corona bisa sembuh.

Menurutnya, dari total kasus positif di seluruh dunia, lebih dari 50 persen bisa sembuh dan kembali hidup normal.

Dia mengambil contoh, dari total 9 orang warga negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Kapal Pesiar Diamond Princess yang positif Covid-19, ada tiga yang sembuh sesudah menjalani perawatan di Jepang.

“Sampai sekarang tim yang dihimpun WHO masih belum menemukan secara resmi obat untuk menanggulangi mau pun vaksin untuk mencegah Covid-19. Tapi, lebih dari 50 persen dari total kasus positif di dunia bisa sembuh dengan baik. Salah satu contohnya, sembilan orang ABK Diamond Princess yang berada di Jepang positif dan dirawat di rumah sakit Jepang. Kemarin, satu orang sudah pulang ke Indonesia karena sudah dinyatakan sembuh oleh rumah sakit di jepang. Hari ini, dua orang lagi sudah dikeluarkan dari rumah sakit di Jepang dan dinyatakan sembuh,” ucapnya, Jumat (6/3/2020), di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta.

Lebih lanjut, Yurianto mengatakan, dua orang pasien positif Virus Corona yang dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta Utara, sejak Senin (2/3/2020), kondisinya berangsur membaik.

Memasuki hari keenam perawatan di ruang isolasi, dua pasien yang masih satu keluarga itu sudah tidak demam, cuma sedikit batuk dan sesak nafas. Sedangkan tensi darah dan suhu tubuh, dalam batas normal.

Kata Dokter Yurianto, dua pasien positif Corona itu boleh pulang ke rumah kalau dua kali pemeriksaan hasilnya negatif.

Pemeriksaan virus akan dilakukan pada hari kelima dan hari ketujuh, terhitung mulai hari pertama mereka diisolasi.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs