Sabtu, 27 April 2024

Menko Marves Koordinasikan Pengambilan Alat Kesehatan Atasi COVID-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Luhut Binsar Panjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi. Foto: Antara

Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mendapatkan dukungan satu unit Pesawat Hercules milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mengambil alat-alat kesehatan di Shanghai, China, pekan depan.

Sejumlah perlatan kesehatan itu akan digunakan untuk penanganan COVID-19 di Indonesia.

Jodi Mahardi Juru Bicara Menko Marves, menjelaskan, hal itu dibahas dalam rapat koordinasi antar Kementerian/Lembaga, Jumat (20/3/2020) sore, yang diikuti kementerian/lembaga di bawah koordinasi Kemenko Marves.

Rapat juga dihadiri Terawan Agus Putranto Menteri Kesehatan dan Doni Monardo Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19.

“Menko Luhut menyampaikan, dalam kondisi seperti ini semua kementerian dan lembaga harus saling bersinergi. Oleh karena itu hasil rapat tadi memutuskan Kemenko Marves bersama TNI, Kementerian Luar Negeri, BNPB, KBRI Beijing, dan KJRI Shanghai akan membantu pengambilan bantuan dari sejumlah perusahaan untuk alat-alat kesehatan seperti masker N90, N95, surgical mask dan Test Kit di Shanghai, untuk kebutuhan di Indonesia yang semakin besar dan mendesak untuk segera dipenuhi,” ujarnya melalui pesan singkat yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu (21/3/2020).

Selain mengenai kebutuhan alat kesehatan, lanjut Jodi, rakor tersebut juga menghasilkan beberapa poin yang disetujui bersama. Salah satunya, Menko Luhut yang telah menyetujui penundaan kenaikan tarif 14 ruas tol yang ada di Indonesia untuk membantu beban ekonomi masyarakat.

Tarif 14 ruas tol tersebut semula direncakan akan naik dalam waktu dekat. Namun, pemerintah melakukan penyesuaian, menimbang keadaan ekonomi saat ini yang terus tertekan dampak penyebaran COVID-19.

Mengenai dua jenis obat yang disiapkan oleh pemerintah yaitu Avigan dan Klorokuin untuk para pasien COVID-19, Menko Marves menilai berdasarkan pengalaman dan riset beberapa negara mempunyai efek penyembuhan tertentu pada penyakit yang diakibatkan virus corona.

Pemerintah sendiri sudah menyediakan 5.000 obat Avigan dan juga 2 juta obat masih dalam proses pemesanan. Kemudian untuk Klorokuin, sudah tersedia sebanyak 3 juta. Obat itu sudah digunakan oleh rumah sakit di China.

Dalam rapat itu juga dibahas mengenai update kesiapan Wisma Atlet Kemayoran untuk menampung pasien COVID-19. Fasilitas yang dibangun untuk perhelatan Asian Games 2018 itu sedang disiapkan oleh Kementerian PUPR menjadi Rumah Sakit (RS) Darurat.

Rencananya, RS Darurat COVID-19 itu bisa mulai beroperasi hari Senin (23/3/2020).

Jodi menyampaikan, dalam kondisi darurat seperti sekarang, negara mana pun tidak akan ada yang bisa siap sepenuhnya untuk menghadapi dampaknya.

“Sekarang saatnya untuk siapa saja yang bisa bergerak segera bergerak dengan cepat, tidak bisa menunggu apalagi menunda,” imbuhnya.

Menko Luhut menyampaikan pemerintah akan melakukan apa saja untuk rakyat. Oleh karena itu, dia meminta semua pihak tetap menjaga keharmonisan dan kekompakan, karena bukan saatnya untuk menyalahkan siapa pun.(rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
26o
Kurs