Jumat, 29 Maret 2024

Menteri BUMN Serahkan Bantuan Penanganan Covid-19 di Jatim

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Erick Thohir Menteri BUMN (dua kanan) didampingi Mahfud MD Menkopolhukam (dua kiri) saat menyerahkan bantuan untuk penanganan Covid-19 yang diterima Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim (kiri) di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Minggu (5/7/2020). Foto : Antara

Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyerahkan bantuan penanganan virus corona ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur berupa obat-obatan dan alat kesehatan.

“Semoga bantuan ini bisa membantu dan mempercepat proses penanganan Covid-19 di Jatim,” ujar Erick Thohir di sela penyerahan bantuan di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, seperti dilansir Antara, Minggu (5/7/2020) siang.

Bantuan yang diserahkan yakni obat-obatan berupa Avigan sebanyak 100.000 tablet, alat pelindung diri 10.000 pcs dan masker bedah berjumlah 100.000 pcs.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Khofifah Indar Parawansa Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi sekaligus Gubernur Jawa Timur yang didampingi Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur.

Sebelumnya, Jawa Timur telah menerima obat yang sama sebanyak 29.000 tablet yang diserahkan Dr dr Fathema Djan Rachmat, SpB., SpBTKV., (K)., MPH selaku Dirut PT Pertamina Bina Medika IHC pada Jumat (3/7/2020).

Dr Fathema menyatakan bahwa obat Avigan ini tengah digunakan dalam koridor penelitian dan telah dilakukan di Jakarta dengan memperoleh hasil kesembuhan 63-67 persen.

Hasil penelitian Clinical Trial di Jepang juga membuktikan bahwa pemberian Avigan mampu membersihkan virus corona dalam empat hari.

Untuk proses teknisnya, satu orang pasien membutuhkan 52 tablet untuk sekali treatment atau satu fase treatment.

Jika total bantuan 100.000 tablet maka diperkirakan akan ada hampir 2.000 pasien di Jatim yang bisa menggunakan obat tersebut.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan aliran bantuan ini merupakan wujud dari gotong royong semua elemen bangsa dalam mengatasi pandemi akibat Covid-19.

“Bantuan ini diharapkan dapat semakin menambah angka harapan kesembuhan pasien positif Covid-di Jatim. Harapannya, tentu saja angka kematian semakin tereduksi. Terima kasih atensinya terhadap Jatim,” katanya.

Menurut dia, kehadiran Menteri BUMN tak hanya sekadar menyerahkan bantuan, tapi juga sebagai bentuk dukungan serta memberikan layanan terbaik untuk penanganan Covid-19 di Jatim.

“Atas nama warga Jatim, kami ucapkan terima kasih seluruh dukungan menteri. Tentu saja kehadiran ini menjadi penguatan demi penguatan dari ikhtiar kami semua untuk bisa bersatu dalam penanganan Covid-19 di Jatim,” katanya.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs