Kamis, 28 Oktober 2021

Operasi Keselamatan Semeru 2020 , Polda Jatim Dukung Pencegahan Covid-19

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
AKBP Pranatal Hutajulu Wadirlantas Polda Jatim. Foto: Istimewa

Polda Jawa Timur melaksanakan Operasi Keselamatan Semeru 2020 mulai 6 April sampai 19 April 2020 mendatang.

AKBP Pranatal Hutajulu Wadirlantas Polda Jatim mengatakan, selama dua pekan, tujuan utama Operasi Keselamatan Semeru 2020 adalah untuk mendukung penanganan pencegahan Covid-19.

“Dulu operasi ini namanya simpatik, tapi ada namanya perkembangan wabah corona (Covid-19), sehingga kita memodifikasi operasi yang kita laksanakan ini dengan tujuan mendukung penanganan pencegahan Covid-19,” ujarnya pada Selasa (7/4/2020).

Ditanya soal tindakan penilangan, AKBP Pranatal menegaskan, kali ini operasi semeru meniadakan tindakan penilangan. Tapi, ia menegaskan, tetap ada tindakan penegakan hukum di jalan pada siapapun yang melanggar.

“Tidak ada operasi penilangan, ini alternatif terakhir apabila tiba-tiba ada pengendara yang overacting atau ngebut-ngebutan dan melakukan pelanggaran di jalan. Kita melakukan penegakan, tapi kita tidak melakukan penilangan memberhentikan gitu, tidak. Ini alternatif terakhir apabila ada temuan pelanggaran yang membahayakan,” jelasnya.

Ia menambahkan, pada operasi ini, pihaknya lebih pada upaya preemtif dan preventif. Ia menyontohkan, petugas patroli di jalan raya akan membubarkan masyarakat yang masih berkerumun atau nongkrong.

“Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan meliputi kegiatan preemtif melaksanakan patroli dan imbauan melalui publik pada kerumunan masyarakat khususnya yang ada di pinggir jalan, sesuai domain kita polisi lalu lintas kita mengimbau pusat kerumunan masyarakat yang tidak produktif kita imbau untuk bubar,” kata AKBP Pranatal.

“Jika kegiatan tersebut produktif, kita mengingatkan kegiatan tersebut menggunakan protokol pencegahan dengan physical distancing, jaga jarak, mungkin beberapa kelengkapan dari penyelenggara kegiatan seperti menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer,” tambahnya.

Polda Jatim, dalam operasi ini juga akan melakukan kegiatan pembagian masker, hand sanitizer dan penyemprotan disinfektan di sejumlah ruas jalan.

Pranatal berharap, langkah ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih mematuhi peraturan lalu lintas dan mencegah penyebaran Covid-19. (bas/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Kamis, 28 Oktober 2021
27o
Kurs