Kamis, 22 Oktober 2020

Lawan Covid-19, Unusa Peduli Bagi Masker dan Hand Sanitizer ke Ponpes Al Hikam Bangkalan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Para santri Ponpes Al Hikam Bangkalan, Madura menerima masker dan hand sanitizer dari Unusa. Foto: Humas Unusa

Program Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Peduli, salurkan 2000 masker dan 10 liter hand sanitizer ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikam Bangkalan, Madura, sebagai bagian pelaksanaan pencegahan penyebaran Covid-19.

Program ini bagian dari pencegahan terjadinya penyebaran virus corona atau Covid-19 yang bisa saja terjadi di wilayah pesantren. Sebelumnya Unusa Peduli menerima masker dan hand sanitizer tersebut dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur.

Mohammad Ghofirin Ketua Unusa Peduli menyampaikan bahwa pihaknya menggandeng BPBD Provinsi Jatim untuk membantu Pondok Pesantren dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Dengan dibagikannya 2000 masker serta hand sanitizer ini menjadi langkah konkret Unusa Peduli turut mencegah penyebaran Covid-19. “Pondok Pesantren Al Hikam Bangkalan Madura ini yang pertama kali kami berikan masker dan hand sanitizer,” terang Ghofirin, Selasa (7/4/2020).

Pondok Pesantren Al Hikam Bangkalan Madura memiliki sekitar dua ribu santri yang selama pandemi Covid-19 telah mengikuti prosedur dengan melakukan karantina secara mandiri di pondok pesantren.

Dijadwalkan bahwa pada minggu ini adalah masa pemulangan para santri ke rumah masing-masing. Kondisi inilah yang membuat Unusa Peduli membantu membagikan masker dan hand sanitizer menggandeng BPBD Provinsi Jatim.

“Apa lagi tanggal 9 April 2020, pihak Pondok Pesantren Al Hikam akan memulangkan sekurangnya 2000 santrinya ke rumah mereka masing-masing, jadi masker dan hand sanitizer ini sangat bermanfaat untuk memberikan rasa aman santri agar tidak tertular Covid-19,” terang Ghofirin.

Kedepannya, Unusa Peduli juga terus berikhtiar memberikan masker ke Pondok Pesantren, Masjid dan siapapun yang membutuhkannya.

“Kondisi saat ini, pemerintah sudah mencanangkan gerakan masker untuk semua. Oleh karena itu Unusa Peduli akan berusaha membantu masker berbahan kain yang bisa dicuci dan digunakan lagi,” tambah Ghofirin.

Sementara itu, ditambahkan KH. M. Nuruddin A. Rahman Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam Bangkalan, bahwa pihaknya menyambut baik bantuan 2000 masker serta hand sanitizer yang diberikan BPBD Provinsi Jatim melalui Unusa tersebut.

“Bantuan ini tentunya sangat berguna dan sangat bermanfaat untuk para santri yang akan pulang ke rumahnya masing-masing ke kotanya masing-masing, dna harapan kami agar terhindar dari Covid-19 ini,” papar KH. M. Nuruddin A. Rahman Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam Bangkalan.

KH. Nuruddin secarapribadi menyampaikan bangga dan bersyukur sekaligus memberikan apresiasinya atas kerja sama Unusa dengan Pondok Pesantren Al Hikam Bangkalan, Madura ini.

“Respons dari Unusa Peduli ini sangat cepat karena, hari ini kami menghubungi, hari ini pula kami bisa mendapatkannya. Memang pada hari Kamis (9/4/2020) kami akan memulangkan para santri ke rumah masing-masing,” tambah Nuruddin.

KH. Nuruddin berharap hubungan antara Unusa dan Ponpes Al Hikam Bangkalan terus terjalin baik, dan tidak hanya terjalin saat terjadinya pandemi Covid-19 seperti yang terjadi saat ini.

“Tentunya kami berterima kasih dengan bantuan masker dan hand sanitizer ini. Semoga hubungan kerja sama semua pihak dapat terjalin semakin baik dan memberikan keberkahan bagi kita semua,” pungkas KH Nuruddin.(tok/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan Menjelang Exit Tol Gunungsari arah Satelit

Macet di Tol Waru arah Satelit

Kecelakaan Truk di Tol Ngawi-Solo

Kecelakaan Mobil di Raya Darmo

Surabaya
Kamis, 22 Oktober 2020
34o
Kurs