Minggu, 5 Desember 2021

Polantas Dibekali APD Antisipasi Covid-19 di Jalan Raya

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
AKBP Pranatal Hutajulu Wadirlantas Polda Jatim (masker putih). Foto: Istimewa

Petugas patroli lalu lintas di Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur kini dibekali dengan Alat Perlindungan Diri (APD) ketika menjalankan tugas di lapangan. Hal ini untuk mengantisipasi apabila petugas harus mengevakuasi seseorang yang diduga terpapar Covid-19 yang jatuh atau kecelakan di jalan raya.

AKBP Pranatal Hutajulu Wadirlantas Polda Jatim menjelaskan, saat ini telah tersedia dua set APD pada setiap mobil patroli. Hal ini juga tersedia pada mobil petugas PJR.

APD ini tidak digunakan petugas berpatroli sehari-hari. APD baru akan digunakan jika ada temuan orang dicurigai terpapar Covid-19 yang jatuh atau kecelakaan di jalanan.

“Setiap mobil kita siapkan dua APD ini untuk antisipasi temuan pengendara yang mengalami sakit corona, yang jatuh, itu anggota bisa melakukan tindakan awal dan berkoordinasi dengan dinas kesehatan,” ujar AKBP Pranatal pada Selasa (7/4/2020).

Katanya, APD ini penting agar polisi bisa langsung melakukan langkah awal sebagai tindakan evakuasi, dengan tetap mengedepankan antisipasi.

“Sudah dibagikan kasat PJR ke jajarannya antisipasi terjadi hal darurat. Tapi kita tetap mengedepankan dinas kesehatan, namun kita juga mengantisipasi karena harus ada tindakan awal. Misalnya korban tergeletak di tengah jalan, dinas kesehatan juga butuh waktu ke TKP dan korban harus dipinggirkan itu kan kita harus gerak duluan,” pungkasnya. (bas/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Minggu, 5 Desember 2021
30o
Kurs