Selasa, 11 Agustus 2020

Orang dan Mobil Hilang Ditemukan dalam 1 Jam, Bravo Pendengar Suara Surabaya

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Truk tangki milik PT Sinar Bacan Khatulistiwa di sekitar 200 meter depan gerbang tol Romokalisari, Senin (6/7/2020) pagi. Foto: Puguh Sajaya‎ via E100

Ruang produksi Radio Suara Surabaya dihebohkan dengan penemuan orang hilang sekaligus truk tangki yang hilang pada Senin dini hari, lalu ditemukan Senin (6/7/2020) pagi dalam waktu hampir bersamaan. Keberhasilan dua kasus tersebut berkat kepedulian dan kolaborasi antara pendengar radio Suara Surabaya.

Bermula dari Endah (33) warga Taman, Sidoarjo yang melaporkan kehilangan suaminya bernama Mahbub (36). Sekitar pk 09.30 WIB dia mengatakan suaminya dalam keadaan depresi pergi sejak Minggu malam, dari kawasan Geluran Taman Sidoarjo.

“Memang kami habis bertengkar, setelah itu suami saya pergi dari rumah. Dia tidak membawa apa-apa ga bawa hape, tidak bawa uang, tidak ada identitas jadi saya sedih sekali, kepikiran suami saya, kasian dia,” kata Endah sambil menangis.

Setelah menyebutkan ciri-ciri suami secara lengkap, yakni tinggi kurus dan memakai baju kotak-kotak dan sarung warna merah, siaran radio Suara Surabaya terus mengudarakan berita ini termasuk memposting foto Mahbub lewat e100, laman facebook Suara Surabaya.

Orang hilang belum ditemukan, gate keeper radio Suara Surabaya membacakan kembali berita kehilangan. Kali ini Abdullah Kaliki yang melaporkan kehilangan truk tangki milik PT. Sinar Bacan Khatulistiwa yang hilang pada Minggu (5/7/2020) malam sekitar pukul 22.00 WIB. Kendaraan berwarna biru-putih dengan nopol L 9593 UO.

“Orang kami jam 23.00 WIB masuk pool sudah nggak ada truknya, dan pintu garasinya dirusak. Truk muat solar 5.000 liter. Rencananya tadi mau kirim, pas sopirnya mau kirim mobilnya nggak ada. Lokasi pool ada di Tambak Mayor 2A.  Kebetulan tidak ada security, tidak ada CCTV, ini sudah kami laporkan ke Polsek Asemrowo,” kata Abdullah kepada Radio Suara Surabaya sekitar pukul 9.53 WIB.

Laporan kehilangan tersebut terus diudarakan berulang kali oleh penyiar Radio Suara Surabaya, barangkali ada pendengar yang sempat melihat truk tangki atau orang hilang.

Lalu pukul 10.00 WIB, Dimas Nova Zulfi pendengar radio Suara Surabaya menghubungi (031) 99000000 dan mengatakan melihat orang dengan ciri-ciri yang mirip dengan Mahbub.

“Saya lihat di Kantor Kelurahan Taman arah Kalijaten, ciri-cirinya mirip dengan yang diudarakan di SS, pake sarung warna merah, baik saya akan jaga bapaknya ini …. karena dia mau jalan mbak, nggak mau berhenti. Saya antar ke masjid aja ini, bapaknya ini seperti linglung, tapi saya panggil Pak Mahbub noleh,” kata Nova.

Mahbub, orang yang dilaporkan hilang di Radio Suara Surabaya berhasil ditemukan oleh Dimas Nova salah satu pendengar. Ia mengajak Mahbub untuk beristirahat di Masjid An-Nur, Kalijaten Timur, Sidoarjo. Foto: Dimas Nova via e100

Gate keeper radio Suara Surabaya merespon laporan ini dengan menghubungi pihak keluarga dan berkoordinasi dengan kepolisian.

Tidak berselang lama, telpon yang terus berdering mengabarkan melihat truk tangki PT. Sinar Bacan berada di akses tol Romokalisari.

“Saya mau masuk pintu tol Romokalisari. Sebelum masuk tol kira-kira 200 meter, itu ada truk tangki Sinar Bacan yang diberhentikan polisi. Kendaraannya berhenti di sebelah kiri mau masuk pintu tol. Tapi nopolnya nggak lihat saya mbak,” kata Riono kepada Radio Suara Surabaya sekitar pukul 10.17 WIB.

Untuk memastikannya itu adalah kendaraan yang hilang, penyiar mengulang-ulang dan mengundang pengguna jalan yang sedang menuju Tol Romokalisari ikut memantau berapa nopol truk tersebut.

“Yang sedang menuju Surabaya dari arah Gresik, bantu kami memantau nopol truk Sinar Bacan warna biru putih yang berhenti di sisi kiri sebelum tol Romokalisari, benarkah itu L 9593 UO? Kendaraan ini dilaporkan hilang dicuri. ” suara penyiar berulang-ulang.

Sementara itu, di gate keeper radio Suara Surabaya yakni Isa Ansori, Emma Rachmawati, dan Widya Safitri terus mengelola informasi yang masuk, diantaranya menghubungi Abdullah pelapor.

Dalam keterangannya, PT. Sinar Bacan mengoperasikan 25 truk truk muatan solar yang kondisi fisiknya hampir semuanya sama. Sehingga kepastian mobil yang terlihat di Romokalisari itu adalah truk tangki yang hilang hanya pada nopol kendaraan saja.

“Yang beroperasi sekarang 25 unit, yang sekarang mau ke Driyorejo ada 4 unit,” ujarnya.

“Apakah ada yang sedang meluncur dari Gresik ke arah Surabaya Pak?,” tanya Penyiar.

“Tidak ada mbak, semua dari Driyorejo ke arah Gresik,” jawab Abdullah.

“Kalau begitu semoga yang terlihat di Romokalisari ini mobil yang dicari Pak,” kata Penyiar.

Di saat yang sama, Juri Sandri Sinaga (49) pendengar menghubungi SS dan menjelaskan bahwa yang terlihat di Romokalisari adalah benar mobil yang sedang dicari.

Truk tangki milik PT Sinar Bacan Khatulistiwa di sekitar 200 meter depan gerbang tol Romokalisari, Senin (6/7/2020) pagi. Foto: Istimewa

“Saya melihat truk tangki PT Sinar Bacan di pintu tol Romokalisari. Platnya L 9593 OU.” kata Juri Sandri.

Tidak hanya Juri, pendengar lain saling menyusulkan informasi tentang mobil tersebut. Bahkan Puguh pendengar SS lainnya, berputar balik untuk menyakinkan bahwa mobil inilah yang sedang dicari.

Namun sayang saat ditemukan, muatan truk tangki sudah kosong. Sebanyak 5.000 liter solar yang harusnya ada di dalam truk tersebut hilang. Hal ini dikonfirmasi oleh Kompol Hakim Kapolsek Benowo. Ia mengatakan, saat ditemukan kendaraan sudah ditinggalkan sopir dalam kondisi kendaraan terkunci dari dalam.

Sementara dari peristiwa penemuan orang hilang, Nova mengabarkan kembali bahwa pihak keluarga sudah menjemput.

“Ada paman istrinya sudah menjemput, sementara saya dibantu pak Oni warga Kalijaten yang ikut membantu menjaga Pak Nova. Jadi saya sekarang akan bantu mbak…. sampai pak Mahbub sampai di rumahnya, saya akan antarnya ke rumahnya,” kata Nova.

Loyalitas dan kebaikan pendengar Suara Surabaya, lagi-lagi membuahkan hasil. Apresiasi pendengar disampaikan lewat radio dan laman facebook e100 diantaranya menyampaikan:  “Bravo Suara Surabaya, dan Pendengarnya”. (rst)

 

 

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Hendra Lukas P. Hutagalung

Potret NetterSelengkapnya

Pelangi Sore Hari di Surabaya

Kangen Tanggapan

Unjuk Rasa Aliansi Pekerja Seni Surabaya

Truk Patah As di Gedangan

Surabaya
Selasa, 11 Agustus 2020
27o
Kurs