Kamis, 3 Desember 2020

Orang Tua Jadi Sahabat, Kunci Buat Anak Nyaman di Rumah

Laporan oleh Achmad Zainal Alim
Bagikan
Tangkapan layar, Psikolog anak Seto Mulyadi dalam diskusi Satgas Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta pada Minggu (4/10/2020). Foto: Antara

Seto Mulyadi Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) mengatakan salah satu kunci untuk membuat anak nyaman selama berada di rumah akibat pandemi Covid-19, adalah orang tua harus memosisikan diri sebagai sahabat mereka.

“Jadi karena situasi berubah, orang tua juga harus berani berubah menjadi lebih tenang, sabar, gembira, kreatif dan lebih penuh rasa syukur. Dengan berubah begitu kita memosisikan menjadi sahabat anak-anak,” kata Seto dalam diskusi Satgas Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta pada Minggu (4/10/2020), seperti dilansir Antara.

Menurut psikolog anak yang akrab disapa Kak Seto itu, hal tersebut harus dilakukan karena anak mengalami perubahan drastis selama pandemi. Yang tadinya mereka bertemu teman dan bergembira di sekolah, kini harus berdiam di rumah untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Jika di rumah orang tua masih memosisikan diri sebagai bos atau komandan yang senang memerintah, akan membuat anak-anak semakin tidak betah berada di rumah. Karena itu, Kak Seto mendorong agar orang tua mulai menjadi sahabat dan teman bagi anak dengan mulai berdiskusi dan membicarakan berbagai hal.

“Sehingga anak merasa nyaman sekali berada di rumah. Mungkin itu kunci utamanya,” ujarnya.

Selain itu, Kak Seto juga mendorong agar orang tua mendukung mengembangkan bakat anak dengan mengapresiasi potensi yang mereka miliki. Anak harus ditimbulkan perasaan gembira dan percaya diri.

Ia mengatakan apresiasi tidak hanya harus dilakukan dalam ranah akademik tapi juga potensi lain seperti menyanyi atau bakat anak lainnya.

“Paling tidak apresiasi dari orang tua terhadap potensi setiap anak yang berbeda. Anak ditumbuhkan rasa percaya diri, bangga menjadi diri sendiri karena ada apresiasi dari lingkungan keluarga,” tegasnya.(ant/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Rumah, 12 PMK Di lokasi

Kecelakaan L300 Tabrak Pembatas Tol Sumo

Hujan Deras di Balonggebang Nganjuk

Surabaya
Kamis, 3 Desember 2020
27o
Kurs