Sabtu, 26 September 2020

Pandemi Covid-19, UWKS Wisuda Drive Thru

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Wisudawan bersepeda motor ini harus antri tertib di wisuda drive thru Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Pandemi Covid-19 belum usai, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya tetap menggelar wisuda Sarjana (S1) dan Magister (S2) semester gasal tahun 2019/2020, Sabtu (8/8/2020) dengan cara drive thru di lobby kampus.

Meskipun wisuda ini dilaksanakan dengan cara drive thru tetapi tetap tidak menghilangkan esensi dari prosesi wisuda, hanya saja yang membuat berbeda adalah kemasannya yang menyesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19, sekaligus penerapan protokol kesehatan.

Wisuda drive thru mengharuskan peserta wisuda untuk menggunakan mobil atau sepeda motor saat pelaksanaan pemberian sertifikat kelulusan. Masing-masing peserta turun dari kendaraan kemudian bertemu dengan Dekan masing-masing fakultas untuk mengikuti seremonial sekaligus pemberian sertifikat. Tidak ada lagi peserta wisuda bersama-sama berkumpul menunggu pengumuman pemberian sertifikat kelulusan.

Acara wisuda drive thru, Sabtu (8/8/2020) berlangsung lancar. Diawali dengan pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap wisudawan sebelum memasuki lokasi wisuda. Dan untuk pelaksanaan wisuda drive thru sendiri, masing-masing mahasiswa membutuhkan waktu tidak lebih dari 10 menit.

Prof.H.Sri Harmadji, dr.Sp.THT-KL (K)., Rektor UWKS, kepada awak media menyampaikan bahwa wisuda drive thru, diikuti 444 wisudawan, dengan rincian 20 wisudawan dari Fakultas Teknik; 20 wisudawan dari Fakultas Pertanian; 96 wisudawan dari Fakultas Hukum; Fakultas Ekonomi dan Bisnis diikuti 117 wisudawan; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diikuti 32 wisudawan; Fakultas Bahasa dan Sains diikuti 21 wisudawan, 114 wisudawan dari Fakultas Kedokteran dan 24 wisudawan dari Fakultas Kedokteran Hewan.

“Dan yang paling menggembirakan sekaligus membanggakan pada prosesi wisuda drive thru yang untuk peertama kali dilaksanakan di masa pandemi Covid-19 ini adalah hadirnya 87 wisudawan dengan menerima predikat Pujian atau Cumlaude. Ini tentunya sangat membanggakan bagi mereka sendiri dan bagi kampus,” terang Sri Harmadji.

Pada kesempatan itu juga, Rektor UWKS menetapkan mahasiswa atas nama Fatchur Rozci, M.Agr dari program studi Magister Agribisnis sebagai wisudawan terbaik pada jenjang S2 dengan IPK 3,94 dan Mentari Putri Lijaya, S.H. dari program studi Ilmu Hukum sebagai wisudawan terbaik pada jenjang S1 dengan IPK 3,87.

Rektor UWKS juga mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa yang mengukir prestasi di berbagai bidang kegiatan di tingkat nasional dengan memberikan beasiswa bebas SPP selama sekitar 18 bulan.

Mereka ini diantaranya adalah Intan dan Arion yang telah mengharumkan nama UWKS dengan memenangkan juara 1 Lomba Cipta Poster dan Video Pendek Nasional di Universitas Brawijaya Malang, Hesti Puspa Rina juara 1 Lomba Poster di Universitas Syah Kuala Aceh, Hasyim, Monika, dan Ferdi juara 1 lomba Vlog Nasional yang digelar di Universitas Akhmad Dahlan, dan kepada Shella Syafira juara 1 Lomba Vlog Nasional yang diselenggarakan di Poltekes Kemenkes Jambi.

Sementara itu disampaikan Andi Aruji Kepala BAK Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) menyampaikan bahwa pelaksanaan wisuda secara drive thru menjadi pilihan pelaksanaan prosesi wisuda di masa pandemi Covid-19 ini, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Panitia wisuda merancang prosesi wisuda drive thru ini dengan tetap melakukan penerapan protokol kesehatan. Sebelumnya panitia telah memberikan tutorial wisuda drive thru secara daring via youtube dan sosial media universitas kepada setiap calon wisudawan, sehingga orang tua dan wisudawan dapat belajar terlebih dahulu di rumah,” terang Andi Aruji.(tok)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Bintang Rahmadani

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Sabtu, 26 September 2020
26o
Kurs