Selasa, 11 Agustus 2020

PDIP Jatim Bagi-bagi Face Shield ke Pelaku Ekonomi

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
PKL di sejumlah ruas jalan Kota Surabaya yang mendapatkan face shield gratis dari PDI Perjuangan. Foto: Istimewa

Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD PDI Perjuangan Jawa Timur membagikan sejumlah face shield untuk membantu pengendalian penyebaran Covid-19 ke para pelaku ekonomi berskala mikro dan kecil.

”Tim kami terus bergerak membagikan perangkat yang bisa melindungi para pelaku ekonomi kerakyatan agar mereka tetap produktif sekaligus aman dari Covid-19. Kami membagikan masker hingga face shield untuk warung rakyat, pedagang kaki lima, pedagang pasar,” ujar SW Nugroho Kepala Baguna PDIP Jatim, Minggu (21/6/2020).

Sejak Jumat malam (19/6/2020), organisasi sayap PDI Perjuangan Jatim itu membagikan 300 face shield kepada para PKL di sejumlah ruas jalan Kota Surabaya. Dalam aksi sosial itu, Tim Baguna Jatim dipimpin dr Bayu Utoro. Sebelumnya, sejak bulan Mei, Baguna PDIP Jatim juga membagikan 50.000 masker kain non-medis ke para pedagang pasar di seluruh Surabaya.

”Kalau pedagang pakai masker dilengkapi face shield, pembeli akan merasa lebih aman. Insya Allah dagangannya akan lebih laris,” ujar Nugroho yang juga Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur ini.

Sementara itu, dr Bayu Utoro koordinator lapangan Tim Baguna mengatakan, kegiatan bagi-bagi face shield ini sesuai permintaan dari beberapa pedagang, saat Tim Baguna melakukan pembagian masker untuk pedagang pasar se-Surabaya, yang sampai sekarang masih terus berjalan.

“Sedikitnya kami siapkan 300 face shield dalam aksi kali ini. Tim kami bergerak mulai malam kemarin, ini merespon permintaan beberapa PKL saat kami bagi-bagi masker. Kami sementara fokus di Surabaya, karena masih tertinggi penyebarannya” jelas Bayu yang juga seorang dokter.

Sekretaris Baguna PDIP Jatim ini menambahkan, face shield berfungsi melindungi bagian wajah mulai dari mata, hidung, hingga mulut, sehingga memperkecil risiko penularan Covid-19.

Meski demikian, di samping face shield, tetap penting untuk tetap memakai masker, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Karena itu, sampai sekarang pihaknya masih melanjutkan kegiatan pembagian 50.000 masker kain non medis ke pasar-pasar se-Surabaya, yang dilakukan sejak 8 Mei lalu, berkoordinasi dengan pihak PD Pasar Surya. (bas/tin)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Emma Rachmawati

Potret NetterSelengkapnya

Kangen Tanggapan

Unjuk Rasa Aliansi Pekerja Seni Surabaya

Truk Patah As di Gedangan

Truk Muat Pasir Terguling di Balongbendo

Surabaya
Selasa, 11 Agustus 2020
32o
Kurs