Rabu, 25 November 2020

Pemerintah akan Sebarkan Dua Macam Obat yang Diyakini Bisa Sembuhkan COVID-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Klorokuin (Chloroquine) produk PT Kimia Farma salah satu obat yang disebut Joko Widodo Presiden akan disebar untuk menyembuhkan pasien Covid-19. Foto: Istimewa

Joko Widodo Presiden mengatakan, Pemerintah Indonesia akan memberikan obat kepada pasien Virus Corona (COVID-19) di Indonesia.

Presiden sadar, antivirus COVID-19 sampai sekarang belum ditemukan. Tapi, berdasarkan hasil riset dan pengalaman beberapa negara, menurut Jokowi ada dua macam obat yang bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan COVID-19.

Obat yang dimaksud adalah Avigan dan Klorokuin.

Kata Presiden, Pemerintah Indonesia sudah mendapat pasokan sekitar lima ribu butir tablet Avigan, dan memesan sebanyak dua juta butir lagi.

Sedangkan obat Klorokuin, Jokowi menyebut sudah tersedia sebanyak tiga juta butir.

“Obat itu sudah dicoba di beberapa negara dan memberikan kesembuhan yaitu Avigan. Kami telah mendatangkan lima ribu, akan kami coba dan dalam proses pemesanan (sejumlah) dua juta. Yang kedua, Klorokuin telah siap tiga juta. Kecepatan ini yang ingin saya sampaikan bahwa Pemerintah tidak diam, tetapi mencari hal-hal, informasi-informasi, agar dapat menyelesaikan COVID-19,” kata Presiden, Jumat (20/3/2020), dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta.

Klorokuin (Chloroquine) produk PT Kimia Farma. Foto: Istimewa

Jokowi menambahkan, nantinya dua obat tersebut akan diberikan kepada pasien yang membutuhkan melalui dokter keliling dari rumah ke rumah, rumah sakit dan puskesmas di kawasan yang terinfeksi.

Presiden juga sudah memerintahkan BUMN farmasi untuk memperbanyak produksi Klorokuin.

Sekadar informasi, Avigan Favipiravir adalah obat flu yang dikembangkan Fujifilm Toyama Chemical, Jepang.

Sedangkan Klorokuin (Chloroquine Phospate) adalah senyawa sintetis yang strukturnya mirip seperti ekstrak kulit batang Pohon Kina.

Klorokuin diyakini bisa menghambat kemampuan virus untuk menginfeksi dan tumbuh di dalam tubuh manusia.(rid/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok di Flyover Trosobo

Proses Pencarian Korban Tenggelam di Taman Sidoarjo

Kecelakaan Mobil di Tol Porong arah Sidoarjo

Truk Terguling, Lalu lintas Macet

Surabaya
Rabu, 25 November 2020
34o
Kurs