Kamis, 18 April 2024

Pemerintah Gelar Tarhib Ramadan dan Indonesia Berzikir

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kamaruddin Amin Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag. Foto: Dok/Humas Kementerian Agama

Pemerintah akan menggelar Tarhib Ramadan dan Indonesia Berzikir pada Kamis (16/4/2020) secara daring guna menyambut bulan puasa yang akan segera hadir dan berdoa bersama untuk kebaikan bangsa yang sedang menghadapi wabah Covid-19.

“Acara ini digelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan sekaligus mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk berdoa, berzikir dan bermunajat agar pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dapat segera berlalu,” kata Kamaruddin Amin Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag seperti dilaporkan Antara, Selasa (14/4/2020).

Dia mengatakan acara yang akan digelar secara daring pada pukul 19.30-20.30 WIB itu akan diikuti sejumlah ulama dan keluarga besar Kanwil Kementerian Agama. Panitia juga mengundang seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut berzikir dan berdoa untuk kebaikan bangsa.

“Ini bagian dari ikhtiar batin kita, sebagai bangsa yang religius, setelah proses upaya lahir melalui penanganan medis terus dilakukan,” katanya.

Menurut Kamaruddin, Tarhib Ramadan dan Indonesia Berzikir akan dipimpin oleh KH Ma’ruf Amin Wakil Presiden. Acara itu merupakan kerja bersama lintas kementerian/lembaga mulai dari BNPB sebagai leading sector penangangan Covid-19, Kementerian Agama, Kemenkominfo, MUI, TVRI dan lembaga-lembaga terkait lainnya.

“Jalannya acara akan disiarkan langsung oleh TVRI serta ‘live streaming’ dari medsos Kemenag, BNPB dan MUI,” katanya.

Para ulama dari sejumlah daerah di Indonesia, kata dia, juga akan mengikuti zikir bersama itu. Mereka akan berzikir dari kediaman masing-masing dan ikut bergabung melalui aplikasi pertemuan daring. Hal itu agar proses zikir tetap menjaga physical distancing dan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

“Pemerintah berharap, masyarakat khususnya umat Muslim, tetap dapat menyambut bulan suci Ramadhan secara hidmat, meski saat ini kita tengah dihadapkan dengan ujian pandemi. Pemerintah juga mengajak seluruh umat untuk dapat mengikuti zikir bersama ini dari rumah masing-masing,” katanya.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
32o
Kurs