Sabtu, 4 Februari 2023

Pemerintah Upayakan Pemerataan Vaksinasi Covid-19 di Seluruh Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan

Wiku Adisasmito Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya pengelompokan prioritas penerima vaksin anti Covid-19.

Menurut Wiku, pemerintah tetap mengupayakan pemerataan penerima vaksin di seluruh Indonesia, untuk menciptakan kekebalan komunitas atau herd immunity.

“Masyarakat jangan khawatir dengan kelompok prioritas penerima vaksin. Pemerintah tetap mengupayakan pemerataan penerima vaksin di seluruh Indonesia,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (31/10/2020).

Sekadar informasi, Pemerintah Indonesia sudah mengamankan 143 juta dosis vaksin dari Sinovac. Lalu, sekitar 15 juta dosis dari Sinofarm. Kemudian, Cansino menjanjikan sekitar 100 ribu dosis pada akhir Desember 2020, kemudian 15 juta dosis lagi tahun 2021.

Pemerintah melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional sudah menetapkan 160 juta orang yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin Covid-19, tahun depan.

Ada enam kelompok masyarakat yang mendapat prioritas. Pertama, kelompok garda terdepan (medis dan paramedis contact tracing, pelayanan publik, TNI/Polri, dan aparat penegak hukum).

Kedua, kelompok masyarakat (tokoh agama/masyarakat, perangkat daerah, dan sebagian pelaku ekonomi).

Kelompok ketiga, tenaga pendidik mulai dari PAUD/TK, SD, SMP, SMA dan sederajat, sampai perguruan tinggi.

Keempat, aparatur pemerintah pusat, daerah, dan anggota dewan legislatif.

Kelima, peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran, dan kelompok yang keenam, masyarakat serta pelaku perekonomian lainnya. (rid/ang/iss)

Berita Terkait