Senin, 6 Mei 2024

Pemkot Surabaya Menggelar Tur Museum dan Surabaya Heroic Track Secara Daring

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Museum Tugu Pahlawan Surabaya. Foto: Humas Pemkot Surabaya

Di tengah pandemi Covid-19 Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tetap berupaya menyajikan rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan. Salah satunya dengan menggelar Tur Museum dan Wisata Kepahlawanan atau Heroic Track.

Febriadhitya Prajatara Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya mengatakan, Tur Online Museum dan Heroic Track yang digelar secara dalam jaringan (online) ini untuk mengenalkan sejumlah obyek wisata bersejarah di Surabaya.

Lewat aplikasi online, peserta akan mendapatkan panduan dari pemandu wisata lokal dan narasumber ahli sejarah. “Saat kegiatan berlangsung peserta bisa bertanya kepada guide maupun narasumber,” kata Febri, Jumat (13/11/2020).

Menurut dia, rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan ini bertujuan untuk memperkenalkan objek wisata yang memiliki nilai kepahlawanan kepada masyarakat. Khususnya kepada para pelajar Surabaya.

“Peserta bisa menambah ilmu dan wawasan mengenai obyek wisata kepahlawanan. Terlebih untuk meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan generasi muda atau pelajar,” ujarnya.

Pada pelaksanaannya, sudah ada 300 orang peserta yang akan mengikuti tur secara daring ini. Mereka adalah para pelajar SD maupun SMP di Surabaya. Mereka kan mengikuti dua hari pelaksanaan tur tersebut.

Rangkaian tur online bertema “Heroisme Pahlawan Surabaya” ini akan mengisahkan perjalanan semangat kepahlawan tokoh-tokoh perjuangan sejak masa pra Nusantara, masa Kebangkitan, sampaai pasca-kemerdekaan.

Pada hari pertama 14 November 2020, para peserta akan diajak mengunjungi Museum Surabaya (Raden Wijaya), Museum WR. Supratman dan Museum Pendidikan (Ki Hajar Dewantara) melalui virtual.

Museum WR. Supratman. Foto: Humas Pemkot Surabaya

Sedangkan di hari kedua 15 November mendatang, peserta akan diajak mengunjungi museum lainnya. Antara lain Museum H.O.S Tjokroaminoto, Museum DR. Soetomo, dan Museum 10 November.

Adapun pelaksanaan kegiatan Surabaya Heroic Track secara daring akan berlangsung Selasa (17/11/2020) mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai di Museum HOS Tjokroaminoto dan Museum 10 November Tugu Pahlawan Surabaya.

Febri bilang, masyarakat umum juga bisa mengikuti rangkaian Tur Online Museum serta Surabaya Heroic Track ini lewat media sosial instagram resmi milik Pemkot Surabaya. Yakni, @Surabaya, @Surabayasparkling dan @Sapawargasby. (den/tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
30o
Kurs