Minggu, 31 Mei 2020

Pemprov Jatim Distribusikan Ribuan Reagen ke Daerah

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim dalam konferensi pers, Kamis (26/3/2020) malam di Gedung Grahadi, Surabaya. Foto: Istimewa

Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendistribusikan ribuan reagen sebagai tindak lanjut dari pemeriksaan cepat terkait virus corona (Covid-19) yang telah digelar di berbagai daerah di wilayah setempat.

“Nantinya yang teridentifikasi positif melalui rapid test akan ditindaklanjuti dengan tes swab menggunakan reagen PCR,” ujar Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (28/3/2020) malam.

Pemprov Jatim telah menerima bantuan sebanyak 2.600 reagen dari Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga Surabaya. Khofifah memastikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menanggung biaya tes swab tersebut.

“Kalau tes swab hasilnya positif terjangkit Covid-19 itu sudah pasti biayanya ditanggung pemerintah pusat. Kalau hasilnya negatif, yang menanggung biayanya adalah Pemprov Jatim,” ucapnya, dilansir Antara.

Menurut dia, Sabtu ini pemeriksaan cepat telah digelar di 30 kabupaten/ kota wilayah Jawa Timur.

“Bagi delapan daerah kabupaten/ kota lainnya yang belum melakukan pemeriksaan cepat, kami dorong untuk melakukan berbagai percepatan penanganan Covid-19,” tuturnya.

Sementara itu, dr Joni Wahyuhadi Ketua Tim Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur menyampaikan pemeriksaan cepat yang digelar Sabtu ini di berbagai kabupaten/kota diutamakan kepada orang-orang yang tergolong berisiko tinggi tertular Covid-19, salah satunya adalah tenaga kesehatan.

“Sampai pukul 13.00 WIB siang tadi sudah dilakukan 541 pemeriksaan cepat terhadap tenaga kesehatan di berbagai daerah di Jatim. Alhamdulillah hasilnya negatif semua,” kata Direktur Utama RSUD dr Soetomo tersebut.

Selain mengutamakan para tenaga medis, lanjut dia, pemeriksaan cepat juga mendahulukan orang-orang yang telah berstatus pasien dalam pengawasan (PDP). (ant/ang)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Banjir di Tambak Sawah

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Truk Muat Jeruk Terguling

Surabaya
Minggu, 31 Mei 2020
32o
Kurs