Jumat, 26 April 2024

Penulis Singapura Berbagi Pengalaman Mendidik Anak Autis di Surabaya

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Lydiawati MZ Penulis Buku A Worthy Race asal Singapura sekaligus orang tua anak autis berbagi pengalaman mendidik anak berkebutuhan khusus dalam seminar bertajuk "Autism Parent's Talk" di Surabaya pada Minggu (15/3/2020). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Lydiawati MZ Penulis Buku A Worthy Race asal Singapura sekaligus orang tua anak autis berbagi pengalaman mendidik anak berkebutuhan khusus dalam seminar bertajuk “Autism Parent’s Talk” di Surabaya pada Minggu (15/3/2020).

Seminar yang digagas Forum Komunikasi Orang Tua Anak Spesial Indonesia (Forkasi) Surabaya ini betujuan untuk menjawab berbagai pertanyaan dan kegelisahan yang selama ini dirasakan orang tua anak autis,

Dalam seminar ini, Lydiawati bercerita banyak mengenai perjuangannya dalam membesarkan anak autis dan berupaya menemukan potensi yang dimiliki sang anak.

Ada beberapa hal yang perlu diajarkan pada anak autis berkaitan dengan dasar-dasar kehidupan, salah satunya komunikasi baik verbal dan non verbal, akademik sederhana seperti baca tulis hitung, dan bentuk pembelajaran yang paling cocok dengan karakter anak.

“Memahami dan mengenal anak, melalui beberapa pertanyaan, seperti ini, suka akan apa, suka lihat video apa di Youtube, suka bermain dengan apa, suka pergi kemana, suka bersama siapa,” katanya pada Minggu (15/3/2020).

Ia juga mengenalkan aplikasi tablet yang dapat mempermudah anak autis berkomunikasi dengan orang tuanya. Selain aplikasi, ia juga memberi tips lain seperti menggunakan kertas catatan kecil untuk media anak autis menulis keinginannya, dan juga penanda untuk mengingatkan anak jika ingin pergi ke toilet lewat sebuah stiker kecil di tempat-tempat yang mudah dilihat

Lydia juga menjelaskan, orang tua harus mengajarkan agar anak autis bisa mandiri dalam kehidupan. Ia menyontohkan, salah satu caranya, dengan memberikan donpet kecil berisi uang dan meminta anak untuk membayar sendiri apa yang dia beli. (bas/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs