Jumat, 4 Desember 2020

PMI Buka Layanan 3 Shift, Jaga Stok Persediaan Darah

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi. Layanan donor darah di UTD PMI Surabaya sampai 3 shift memberikan kemudahan bagi masyarakat. Foto: Totok suarasurabaya.net

Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Surabaya, kamis (19/3/2020) membuka layanan sampai 3 shift dengan harapan memberikan kemudaha masyarakat yang akan mendonorkan darahnya.

Memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat luas yang akan mendonorkan darahnya, Kamis (19/3/2020) UTD PMI Surabaya membuka layanan donor darah di kantor PMI Surabaya sampai 3 shift.

dr. Hj, Budi Arifiah Kepala UTD PMI Surabaya menyampaikan bahwa kebutuhan darah saat ini memang cukup tinggi, sedangkan stok persediaan darah sedang mengalami penurunan. Oleh karena itu dibutuhkan sesegera mungkin pemenuhan stok persediaan darah.

“Kalau biasanya donor darah hanya dua shift saja layanannya, sedangkan untuk layanan kebutuhan darah 24 jam, maka saat ini untuk layanan donor darah juga kami lakukan selama 3 shift,” terang dr. Hj. Budi Arifiah.

Artinya, lanjut dr. Budi akan ada layanan donor darah yang bisa dilakukan diatas pukul 24.00, di layanan unit transfusi darah yaitu di kantor UTD PMI Surabaya di Jl. Embong Ploso, Surabaya. “Atau untuk memastikan masyarakat bisa telepon terlebih dahulu,” tambah Budi.

Setiap hari dibutuhkan sekurangnya 400 kantong atau bags darah dalam rangka memenuhi kebutuhan darah dari berbagai instansi atau masyarakat di Kota Surabaya.

“Dan itu tidak termasuk kebutuhan darah dari luar kota Surabaya. Prioritas kami memenuhi kebutuhan darah di Kota Surabaya. Dan saat ini, stok persediaan darah di tempat kami memang cenderung mengelami penurunan,” tambah Budi.

Oleh karena itu, pihak UTD PMI Surabaya selain mengimbau masyarakat pendonor darah, sekaligus menginformasikan bahwa untuk layanan donor darah dapat dilakukan kapan saja lantaran telah dibuka sampai 3 shift.

“Terlebih karena kami ingin menjaga stok persediaan darah kami. Kebutuhan masyarakat masih cukup tinggi, karena itu kami ingin menginformasikan kepada masyarakat luas bahwa layanan donor darah di UTD PMI Surabaya diberlakukan 3 shift,” pungkas Budi. (tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Rumah, 12 PMK Di lokasi

Kecelakaan L300 Tabrak Pembatas Tol Sumo

Hujan Deras di Balonggebang Nganjuk

Surabaya
Jumat, 4 Desember 2020
27o
Kurs