Jumat, 29 Maret 2024

Presiden Ingatkan Jajarannya Fokus Mengatasi Penyebaran Covid-19 di Jawa Timur

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden pada Senin (22/6/2020) siang kembali mengingatkan jajarannya untuk fokus menekan penyebaran wabah Covid-19 di daerah Provinsi Jawa Timur.

Arahan itu disampaikan Presiden kepada Muhadjir Effendy Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) di Istana Kepresidenan Jakarta.

Usai mendapat arahan Presiden, Menko PMK menegaskan, kementerian/lembaga terkait akan segera menindaklanjuti. Antara lain, menambah fasilitas yang diperlukan, termasuk tata kelolanya seperti rumah sakit darurat yang ada di Surabaya.

Menurut Muhadjir, Jokowi Presiden secara khusus memerintahkan supaya rumah sakit darurat itu ditangani oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I.

“Presiden tadi memberikan arahan supaya wilayah-wilayah yang masih tinggi angka penyebarannya, terutama Jawa Timur bisa segera diatasi. Beberapa arahan tadi saya kira akan segera kami tindaklanjuti termasuk penambahan fasilitas yang diperlukan, termasuk juga tata kelolanya misalnya untuk rumah sakit darurat yang ada di Surabaya, Presiden memerintahkan supaya ditangani oleh Pangkogabwilhan I,” ujar Muhadjir, di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sekadar informasi, Jokowi Presiden dalam rapat kabinet beberapa waktu lalu memerintahkan jajarannya segera mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19 di sejumlah daerah yang jumlah kasusnya masih tinggi.

Presiden menyebut beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu kesiapan rumah sakit rujukan dan rumah sakit darurat, pengujian sampel, serta pelacakan orang terpapar Covid-19.

Selain Jawa Timur, Jokowi juga minta upaya pengendalian di luar Pulau Jawa mendapat perhatian khusus, seperti di Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Papua, dan Nusa Tenggara Barat.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs