Sabtu, 20 April 2024

Presiden Jokowi Lantik 750 Perwira TNI dan Polri Tahun 2020

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) TNI-Polri, Selasa (14/7/2020), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Selasa (14/7/2020), menjadi Inspektur Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2020, di Istana Negara, Jakarta.

Presiden melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) sebanyak 750 orang dari tiga matra TNI dan Kepolisian.

Pengambilan sumpah tersebut secara simbolis diwakili empat perwira menurut agama yang dianut, yaitu Yusuf Hanafi (Akademi Militer) sebagai perwakilan beragama Islam, Yohana Bernadeta Winda Sekar Ayu Armanda (Akademi Angkatan Laut) sebagai perwakilan beragama Katolik.

Kemudian, Maichel Triantonov (Akademi Angkatan Udara) perwakilan beragama Protestan, dan Luh Ayu Gitavira Sarasvati (Akademi Kepolisian) sebagai perwakilan beragama Hindu.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ujar Presiden mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri.

Para perwira yang dilantik oleh Presiden terdiri dari 457 perwira TNI, dan 293 perwira Polri. Pelantikan para perwira dari Akademi TNI itu berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 55 TNI Tahun 2020.

Sementara itu, para perwira yang berasal dari Akademi Kepolisian dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 56 Polri Tahun 2020.

Mayoritas perwira tersebut mengikuti acara melalui konferensi video di masing-masing akademi angkatan dan kepolisian sebagai bagian dari kepatuhan terhadap protokol kesehatan di tengah pandemi.

Dalam acara tersebut, Mayjen TNI Suharyanto Sekretaris Militer Presiden turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi.

Para lulusan terbaik itu adalah Angga Andhika Yudha (Akmil), Rizqy Zealand Djuhaeri (AAL), Juanda Siregar (AAU), dan Ivan Pradipta Mahadika (Akpol). Keempat orang itu hadir langsung di Istana Negara.

Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah undangan terbatas di antaranya Ma’ruf Amin Wakil Presiden, Pramono Anung Sekretaris Kabinet, Marsekal Hadi Tjahjanto Panglima TNI, dan Jenderal Idham Azis Kapolri.

Selain itu, hadir juga Jenderal Andika Perkasa Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Laksamana Yudo Margono Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Marsekal Fadjar Prasetyo Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Letjen Bambang Suswantono Danjen Akademi TNI, dan Komjen Arief Sulistyanto Kalemdiklat Polri.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs