Rabu, 24 April 2024

Presiden Minta Forum GPDRR Dimanfaatkan untuk Promosi Pariwisata Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memimpin rapat kabinet dari Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/10/2020). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden meminta jajarannya mempersiapkan penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) yang akan dilangsungkan pada tahun 2022, dipersiapkan dengan baik.

Arahan tersebut disampaikan Presiden dalam forum rapat kabinet terbatas melalui video konferensi dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/10/2020).

“Penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reduction yang akan diselenggarakan tahun 2022 perlu kita persiapkan,” kata Presiden.

Forum dua tahunan tersebut, dibentuk oleh United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNDRR) untuk meninjau kemajuan berbagai pengetahuan, mendiskusikan perkembangan, dan tren terbaru dalam penanganan kebencanaan.

Tahun ini, GPDRR rencananya akan dihadiri sebanyak 193 negara.

“GPDRR akan menjadi sebuah forum besar dan dihadiri kurang lebih nanti 5 ribu sampai 7 ribu peserta. Oleh sebab itu harus dipersiapkan dengan baik,” imbuhnya.

Jokowi yakin Indonesia akan menjadi tuan rumah yang baik karena memiliki banyak pengalaman menyelenggarakan berbagai konferensi internasional.

Presiden berharap, Indonesia bisa memanfaatkan momentum untuk kepentingan nasional sekaligus promosi pariwisata. Apalagi, forum tersebut akan diselenggarakan di Bali.

“Sangat penting memanfaatkan konferensi berskala dunia itu untuk kepentingan nasional sekaligus penegasan peran Indonesia dalam pengurangan risiko bencana di dunia. Tentu saja jangan sampai lupa bahwa kehadiran 190-an negara tadi dapat kita gunakan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia,” pungkasnya. (rid/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs