Minggu, 3 Maret 2024

Presiden Targetkan 20 Ribu Tes PCR Per Hari

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden mengapresiasi kinerja Gugus Tugas dan seluruh pihak yang terlibat dalam penanganan Covid-19, atas pencapaian target 10 ribu pengujian sampel Polymerase Chain Reaction (PCR) per hari.

Tapi, karena Covid-19 masih mewabah di berbagai wilayah Indonesia, Presiden meningkatkan target tes PCR menjadi 20 ribu pengujian sampel per hari.

Hal itu disampaikan Jokowi, siang hari ini, Kamis (5/6/2020), dalam rapat kabinet virtual dari Istana Merdeka, Jakarta, membahas perkembangan penanganan Covid-19.

“Saya menyampaikan terima kasih bahwa target pengujian 10 ribu spesimen yang dulu saya sampaikan sudah terlampaui. Target berikutnya, ke depan adalah 20 ribu per hari. Ini harus mulai dirancang menuju ke sana,” ucap Jokowi.

Merespon permintaan Presiden, Doni Monardo Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyatakan, akan berupaya maksimal untuk memenuhi target baru tersebut.

Bahkan, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu juga siap meningkatkan kemampuan pengujian sampel PCR mencapai 30 ribu per hari.

Sampai hari ini, lanjut Doni, ada 148 laboratorium yang bisa menguji sampel Covid-19 di sejumlah daerah.

Sekarang, kendala yang dihadapi adalah keterbatasan tenaga laboratorium berpengalaman.

Maka dari itu, Gugus Tugas Covid-19 berupaya mencari solusinya, seperti memberikan pelatihan kepada masyarakat, relawan, mahasiswa dan pelajar sekolah keperawatan. (rid/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
31o
Kurs