Senin, 19 April 2021

PT KAI Maksimalkan Petugas Pengamanan Internal untuk Liburan Nataru

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
kereta-api-di-tengah-libur-natal-dan-tahun-baru Joni Martinus Vice President (VP) PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Stasiun Pasar Senen, Rabu (23/12/2020). Foto Faiz suarasurabaya.net

Joni Martinus Vice President (VP) PT Kereta Api Indonesia (KAI) menegaskan, pihaknya memaksimalkan petugas pengamanan dari internal menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dia sampaikan ini menyikapi lonjakan penumpang yang puncaknya diperkirakan hari ini, Rabu (23/12/2020). Meski memaksimalkan petugas keamanan dari internal, PT KAI tetap melibatkan Polri dan TNI.

“Soal pengamanan kami memaksimalkan keamanan internal. Kami punya tim pengamanan, terus kami juga bekerja sama melakukan koordinasi dengan kewilayahan setempat, mulai dari teman-teman dari Kepolisian dan TNI,” kata Joni di Stasiun Kereta Api Pasar Senen.

Dia bilang, ada sekitar 100 personil TNI dan Polri yang dilibatkan dalam pemgamanan di stasiun Pasar Senen. “Kalau kita lihat ada sekitar 100 personil yang ikut memgamankan disini,” jelasnya.

Pantauan suarasurabaya.net, banyak petugas pengamanan internal yang sibuk mengamankan di beberapa lokasi. Antara lain di pintu masuk, pengambilan dan pengembalian tiket, maupun di lokasi pelayanan Rapid Test Antigen.

Selain itu, petugas internal ini sendiri juga memeriksa penumpang dan barang-barang yang akan dibawa ketika akan masuk, serta meneliti surat sehat apakah valid atau tidak.

“Jadi begini, kami tentu ingin bahwa semua berkas itu valid, ya. Maka teman-teman di boarding pass itu memeriksa validitas. Tentu pemeriksaan ini sesuai dengan kemampuan mereka meyakinkan valid atau nggak,” tegas Joni.

“Tapi sedapat mungkin kami memastikannya bahwa penumpang tersebut menunjukkan kevalidannya. Yang jelas kami akan berusaha semaksimal mungkin memastikan tentang kevalidan surat itu,” imbuhnya.

Sementara soal ada keluhan atau tidak dalam pelayanan Rapid Test Antigen, kata Joni, sejauh ini belum ada keluhan terkait rapid antigen itu.

“Karena kita sudah mempersiapkan dengan matang pelaksanaan rapid antigen di stasiun Pasar Senen ini. Kesiapan itu seperti memasang tenda, tempat duduk, jumlah petugas yang melakukan Rapid Test Antigen maupun alatnya sendiri.(faz/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Senin, 19 April 2021
32o
Kurs