Senin, 18 Oktober 2021

Khofifah Koordinasi dengan Banyak Pihak Terkait Rencana Sandar Kapal Viking Sun

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim menggunakan hand sanitizer sebelum masuk Shangrila Hotel Surabaya, Rabu (4/3/2020). Foto: Istimewa

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur Khofifah telah berkoordinasi dengan banyak pihak menyiapkan rencana kapal pesiar Viking Sun yang akan sandar di Surabaya pada Jumat 6 Maret mendatang.

Khofifah mengatakan, saat ini pihak Kesyahbandaran Tanjung Perak, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya dan Dinas Perhubungan sedang rapat koordinasi persiapan teknis.

Khofifah juga telah melakukan komunikasi dengan Viktor Laiskodat Gubernur NTT karena sebelumnya, Kapal Pesiar Viking Sun memang bersandar di Labuan Bajo.

Dalam komunikasi tersebut, Viktor Laiskodat mengatakan kepada Gubernur Khofifah jika pihaknya memberlakukan observasi bertingkat saat menyambut kedatangan Kapal Pesiar Viking Sun.

“Sudah dilakukan proses observasi bertingkat dan semua dinyatakan sehat,” kata Khofifah di Shangrila Hotel Surabaya, Rabu (4/3/2020).

Sementara itu, hari ini Kapal Pesiar Viking Sun terjadwal bersandar di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Khofifah juga menghubungi Ganjar Pranowo Gubernur Jateng.

“Hari ini kan mereka sandar di Semarang. Saya juga kemarin telepon dengan Pak Ganjar. Beliau masih ingin memastikan setelah bersandar tim dari kesehatan KKP di Pelabuhan Semarang juga akan melakukan cek yang sama,” ungkapnya.

Menurut Khofifah, pihaknya juga koordinasi dengan Menteri Luar Negeri, Mendagri, Menko PMK, dan Menkes. Koordinasi berlapis tersebut untuk memastikan pengamanan jelang sandar Kapal Pesiar Viking Sun.

“Di Pulau Karang Jamuang Madura ini rencananya, Budi Hidayat Ketua KKP Kelas I Surabaya akan melakukan checking seluruh wisatawan selagi mereka masih ada di kapal,” terang Khofifah.

Sekadar diketahui, kapal Viking Sun berbendera Norwegia berangkat dari Darwin Australia mengangkut 1.300 penumpang didominasi turis Australia dan London. Sebelum ke Surabaya kapal itu sandar terlebih dulu di Labuan Bajo, dan Semarang. (bid/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Senin, 18 Oktober 2021
29o
Kurs