Minggu, 21 Juli 2024

Ribuan Anggota GMBI Demo di Kantor Kementerian LHK Soal Pembuangan Limbah B3

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Massa GMBI menggelar aksi unjuk rasa terkait pembuangan limbah B3 yang mencemari lingkungan, Kamis (12/11/2020), di depan Kantor Kementerian LHK, Jakarta Pusat. Foto: Farid suarasurabaya.net

Anggota Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), hari ini, Kamis (12/11/2020), menggelar unjuk rasa di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Jakarta Pusat.

Aksi demonstrasi hari ini, melibatkan ribuan anggota lembaga swadaya masyarakat tersebut dari wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten dan Lampung.

Lewat aksi turun ke jalan, mereka memprotes dugaan pembiaran Kementerian LHK atas persoalan pembuangan limbah mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3) dan non B3 yang merusak lingkungan di berbagai wilayah Indonesia.

Selain itu, para demonstran juga mensinyalir ada pemakaian aset negara oleh BUMN dan swasta yang malah merugikan keuangan negara.

Pantauan di lokasi, dari pukul 08.30 WIB, seribuan anggota GMBI sudah berkumpul di depan Kantor Kementerian LHK.

Mereka kompak memakai seragam kemeja bermotif loreng warna abu-abu dengan kombinasi oranye.

Sekitar pukul 09.00 WIB, orator dari kelompok demonstran mulai menyampaikan berbagai persoalan dan tuntutan yang dialamatkan kepada Siti Nurbaya Menteri LHK.

Rencananya, perwakilan GMBI nanti akan menyampaikan laporan langsung ke Menteri LHK atau yang mewakili, terkait dugaan tindak pidana lingkungan hidup di sejumlah daerah Tanah Air.

Sementara itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan mengganggu ketertiban umum, aparat kepolisian melakukan penjagaan di sekitar lokasi aksi, serta mengatur arus lalu lintas kendaraan.

Massa yang datang untuk demonstrasi dikumpulkan di area depan Kantor Kementerian LHK.

Sampai pukul 10.00 WIB, aksi penyampaian aspirasi oleh massa GMBI berlangsung tertib.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 21 Juli 2024
31o
Kurs