Jumat, 26 April 2024

Ribuan Aparat Gabungan Siap Amankan Pilkada Serentak 19 Daerah di Jatim

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Apel Pergeseran Personel BKO PAM TPS untuk Pilkada Serentak Tahun 2020, Senin (7/12/2020) di Mapolda Jatim. Foto: Bidhumas Polda Jatim

Ribuan aparat gabungan TNI, Polri, dan Linmas disiapkan jelang pemungutan suara Pilkada Serentak 9 Desember 2020. Irjen Pol Nico Afinta Kapolda Jatim memastikan ribuan personel yang sudah siap itu termasuk di 19 Polres jajaran di Jatim.

Dalam apel Pergeseran Personel BKO PAM TPS untuk Pilkada Serentak Tahun 2020, Senin (7/12/2020) di Mapolda Jatim, pihaknya menyebut juga secara khusus mengirim ratusan personel untuk penebalan.

“Pilkada Serentak di Jatim akan dilaksanakan di 19 kabupaten/kota dan terdapat 48. 607 TPS dengan kekuatan pengamanan 15.539 personel Polri dan TNI 5.681 personel, Linmas 99.351 personel. Polda Jatim sendiri akan memberangkatkan BKO 740 personel dalam rangka penebalan PAM TPS,” kata Nico kepada wartawan.

Nico menyampaikan, Polda Jatim juga menyiapkan sejumlah antisipasi kontigensi. Beberapa di antaranya dengan menyiagakan 3 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Ditsamapta dan 12 SSK Satbrimob. Nantinya mereka akan ditempatkan sesuai dengan royannya masing-masing.

“Diharapkan Pilkada Serentak di Jawa Timur tahun 2020 dapat berjalan aman, tertib, damai dan sehat,” tegasnya.

Nico juga mengingatkan anggotanya tetap netral dan profesional dalam menjalankan tugas pengamanan Pilkada Serentak 2020. Para anggota Polri yang bertugas agar mendeteksi dini terhadap wilayah BKO melalui analisa daerah operasi.

“Jangan melaksanakan segala perbuatan kontra produktif, sikapi setiap situasi secara responsif cepat, efektif, tegas dan sesuai protap,” pesannya.

Jenderal bintang dua itu juga mengintruksikan anggotanya untuk mengingatkan semua pihak pada protokol kesehatan ketat di tengah wabah Covid-19.

“Bagi personel yang terlibat di dalam pengamanan Pilkada Serentak 2020, juga harus melaksanakan protokol kesehatan dan jangan ragu untuk memperingatkan masyarakat agar tetap mematuhi prokes, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ucap Nico. (bid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs