Jumat, 20 Mei 2022

Ribuan Orang Datangi Poli Khusus RS Unair Selama Sebulan

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Ilustrasi. Layanan pemeriksaan corona (COVID-19) di Rumah Sakit Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Foto : Anggi suarasurabaya.net

Sebanyak dua ribuan orang mendatangi Poli Khusus RS Unair selama satu bulan sejak awal Maret 2020 lalu.

dr Alfian Nur Rasyid SpP Jubir Tim Satgas Covid-19 RS Unair mengatakan, setiap harinya, pengunjung yang datang memeriksakan diri ke poli khusus selalu mendekati angka 100.

“Poli khusus masih ramai. Tapi tidak seantre waktu awal-awal yang membludak. Kuota 100 orang selalu habis, masih terpenuhi. Total sudah ada sekitar 2.000 orang lebih,” kata dr Alfian pada Selasa (14/4/2020).

Ia menambahkan, saat ini orang yang datang hanya karena was-was dan takut sudah mulai berkurang jika dibanding pada awal bulan Maret 2020. Ia mengatakan, pihaknya selalu memberikan edukasi mengenai Covid-19 kepada orang yang memeriksakan diri.

Kebanyakan, orang yang datang memeriksakan diri memang memiliki keluhan, diantaranya batuk, demam, dan nyeri pada bagian tenggorokan. Sebagian memang merasa pernah kontak dengan carrier atau baru datang dari daerah terjangkit.

Dari sekitar dua ribuan orang yang datang ke Poli Khusus, petugas menemukan beberapa beberapa Pasien dalam Pengawasan (PDP), dan langsung dirawat di ruangan isolasi.

“Ada dua atau tiga pasien. Statusnya PDP waktu itu,” jelasnya.

Dari informasi yang dikumpulkan petugas, pasien memang memiliki riwayat kontak dengan carrier dan atau pasien positif Covid-19.

Untuk mengatasi bertambahnya jumlah pasien Covid-19, RS Unair saat ini sedang melakukan konversi fasilitas rumah sakit menjadi khusus infeksi. Beberapa perombakan diantaranya penambahan ruangan intensive Care Unit (ICU) dan High Care Unit (HCU).

Selain itu, dr Alvian mengatakan, dengan adanya penambahan fasilitas ini, RS Unair juga sedang memproses penambahan jumlah tenaga kesehatan yang ada. (bas/ang/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Jumat, 20 Mei 2022
31o
Kurs