Jumat, 22 Januari 2021

Ribuan Pelajar SMP di Surabaya Jalani Tes Swab

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Pelajar SMPN 1 Surabaya jalani tes swab di sekolah pada Rabu (25/11/2020). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Sekitar 5.038 pelajar di 18 sekolah SMP di Surabaya menjalani tes swab polymerase chain reaction (PCR), Rabu (25/11/2020). Mereka difasilitasi petugas Puskesmas terdekat masing-masing.

Pantauan suarasurabaya.net, tes swab di SMP Negeri 1 Surabaya dilakukan mulai pukul 8.00 WIB. Ratusan pelajar bergantian mengantre mengisi dokumen biodata masing-masing sebelum menuju tempat tes swab. Sebagian ada yang diantarkan orang tua, sebagian lagi berangkat sendiri.

“Awalnya takut karena pertama kali swab. Tapi ini bagus untuk mengetahui kondisi kesehatan kita. Kami siap masuk sekolah,” ujar Andra salah seorang siswi Kelas IX SMP Negeri Surabaya.

Sementara Ahmad Suharto Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Surabaya bilang, tes swab ini sementara diprioritaskan untuk kelas IX. Karena nanti untuk masuk kegiatan sekolah tatap muka dilakukan kelas IX dulu. “Setelah kelas IX, nanti kelas VIII, baru kelas VII,” ujar Ahmad.

Menurut Ahmad di SMPN 1 Surabaya setidaknya tercatat 405 siswa kelas IX yang dilakukan tes swab. Namun, dari jumlah itu, pihak sekolah mempersilakan kalau ada siswa yang sudah menjalani tes mandiri. Nanti cukup menyerahkan surat hasil tes swab ke sekolah.

“Mudah-mudahan semuanya negatif,” katanya.

Ahmad juga bilang, sebelumnya 90 guru di SMPN 1 Surabaya sudah menjalani tes swab dan hasilnya negatif. “Bapak ibu guru semuanya 70 guru dan sama guru ekstra sekitar 90 an guru. Alhamdulillah semuanya sudah negatif,” katanya.

Tes swab massal untuk pelajar ini sebagai langkah persiapan sebelum sekolah tatap muka dimulai di Surabaya. Selain tes swab, simulasi protokol kesehatan di sekolah juga berulang kali dilakukan. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Jelang Tol Manyar Banjir

‘Ranjau’ di Bawah Layang Trosobo

Empat Stand Pasar Ikan Hias Gunung Sari Terbakar

Trailler vs Pick Up di Tol

Surabaya
Jumat, 22 Januari 2021
25o
Kurs