Jumat, 26 April 2024

Risma Bangun Taman Baru di Underpass Mayjend Sungkono

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Kawasan bunderan Underpass Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya yang menjadi lokasi pembangunan taman baru di Surabaya. Foto: Humas Pemkot Surabaya

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya membangun taman baru di Surabaya. Kali ini, taman akan dibangun di bunderan Underpass Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya.

Risma bilang, pembangunan taman seluas 2.280 meter persegi ini akan menjadi paru-paru kota. Tujuannya untuk menjaga kualitas udara Surabaya agar lebih baik lagi.

“Soal estetika itu nomor sekian. Yang paling penting kita kembalikan paru-paru itu sehingga kualitas udara semakin baik lagi,” katanya di sela tinjauan dalam keterangan resmi Pemkot Surabaya, Minggu (1/3/2020).

Dia menjelaskan, konsep taman kota ini akan diberi tanaman yang mengundang hewan-hewan berdatangan. Misalnya, tanaman berjenis Melati Jepang yang digemari kupu-kupu.

Risma menambahkan, jika hanya ditanam satu jenis tanaman, maka hewan seperti kupu-kupu dan capung tidak mau datang. Sehingga, jenis tanaman yang akan mengisi taman tersebut harus beragam.

Selain itu, tujuan dibangunnya taman ini adalah untuk menjaga ekosistem, taman ini dibangun agar masyarakat Kota Surabaya semuanya sehat.

Rochim Yuliadi Kasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya menjelaskan taman seluas 2.280 meter persegi ini akan menjadi taman pasif yang fungsinya sebagai paru-paru kota. Nantinya, aneka macam tanaman pohon pelindung paling banyak. Seperti tabebuya pink, putih, trembesi, spatudea, kupu kupu, saga kuning, flamboyan, ketepeng, anggur laut dan macam macam palem.

“Kemudian untuk perdunya ada pagoda putih, kamboja eksotik, bogenfil dan bonsai cemara udang. Lalu untuk semaknya ada kana, rowelia, soka, wiyono kawat, hoje dan ekor kucing,” kata Rochim.

Ia memastikan pengerjaan taman ini sudah di eksekusi sejak kemarin, Sabtu (29/2/2020). Dimulai dari mengolah tanah di breaker Corcoran agar dapat ditanami.

“Target kita bulan Maret ini sudah rampung dan hasilnya bisa sebagus yang ada di sisi barat overpass,” pungkas dia.(tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
27o
Kurs