Sabtu, 20 April 2024

Risma Pimpin Patroli Prokes, Ratusan Orang Jalani Rapid Test

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya saat mengimbau anak-anak muda yang nongkrong malam minggu di sekitar Taman Bungkul. Foto: Istimewa.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya memimpin patroli protokol kesehatan di kawasan Taman Bungkul Jl Darmo, Sabtu malam (17/10/2020). Risma meminta masyarakat jangan mengendorkan disiplin protokol kesehatan, karena pandemi belum selesai di Surabaya.

“Kalian harus bisa membatasi (kegiatan kumpul-kumpul). Kalau kalian kena, kasihan nanti yang di rumah,” kata Risma kepada beberapa anak muda yang nongkrong.

Meski Wali Kota Risma tidak melarang kegiatan kumpul-kumpul, namun ia berharap para pengunjung yang didominasi anak muda itu dapat saling menjaga jarak dan tetap memakai masker. Ia hanya tak ingin ada lagi warganya yang tertular Covid-19.

Setelah Risma memberi imbauan. Kemudian petugas dari Dinas Kesehatan bersama tim Swab Hunter langsung bergerak melakukan rapid test dan swab test kepada pengunjung Taman Bungkul.

Febriadhitya Prajatara Kabag Humas Pemkot Surabaya menjelaskan, pada malam Minggu itu Pemkot Surabaya menggelar patroli protokol kesehatan seperti biasanya. Bahkan, di masing-masing kecamatan juga digelar operasi serupa untuk menjamin semua warga sudah mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Sedangkan untuk yang di Taman Bungkul saat ini langsung dipimpin oleh Ibu Wali Kota. Ternyata, memang masih banyak yang melanggar (protokol) karena tidak jaga jarak,” kata Febri.

Dengan operasi mendadak ini bisa mendapatkan sekitar 300 warga yang pada saat itu pula dilakukan rapid test. Bagi pengunjung yang diketahui hasil rapid test-nya reaktif, maka langsung dilakukan pemeriksaan swab.

“Nah, jika ada yang reaktif atau positif Covid-19, dia akan langsung diisolasi di Asrama Haji untuk warga Surabaya. Sedangkan bagi warga luar Surabaya yang reaktif, kami akan berkoordinasi dengan rumah sakit lapangan (Indrapura) untuk isolasi di sana,” kata Febri. (bid/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs