Selasa, 20 Oktober 2020

Ribuan Pelanggar Prokes Jalani Tes Swab, 30 Orang Positif Covid-19

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi Swab Test. Foto: Dok suarasurabaya.net

Sebanyak 1.628 orang pelanggar protokol kesehatan di Surabaya dilakukan tes swab di puskesmas setempat. Ribuan orang yang dites swab itu merupakan pelanggar masker yang terjaring operasi Tim Swab Hunter Pemkot Surabaya sejak 1 sampai 14 Oktober 2020.

Febriadhitya Prajatara Kabag Humas Pemkot Surabaya mengatakan, sejak tanggal 1 sampai 14 Okteber secara komulatif ada 1.628 orang pelanggar yang dilakukan tes swab. Hasilnya 30 orang dinyatakan positif Covid-19, 1.439 orang negatif, dan 21 orang masih invalid.

“Bagi yang positif langsung diisolasi di Asrama Haji dan RS Lapangan Indrapura,” ujar Febri kepada suarasurabaya.net, Jumat (16/10/2020).

Sedangkan puluhan spesimen yang hasilnya invalid masih akan dilakukan tes swab ulang. Selama menunggu jadwal swab ulang, 21 orang tersebut diminta isolasi mandiri di rumah masing-masing. “Sedangkan yang hasilnya invalid akan dilakukan tes swab ulang sambil isolasi mandiri,” katanya.

Febri mengungkapkan, sesuai hasil evaluasi Tim Swab Hunter dari masing-masing kecamatan, perilaku warga dalam disiplin masker mulai ada kemajuan. Para pelanggar masker tidak sebanyak saat operasi di awal bulan lalu.

Alhamdulillah, dengan digencarkannya operasi Swab Hunter ini menjadikan kesadaran masyarakat dalam bermasker menjadi tinggi,” katanya.

Febri mengingatkan, meski penularan Covid-19 di Surabaya mulai melandai. Tapi, masyarakat diimbau tetap disiplin protokol kesehatan terutama pakai masker. “Karena obat Covid-19 paling efektif adalah disiplin pakai masker, tertib cuci tangan, dan menjaga jarak,” katanya.

Sekadar diketahui, Tim Swab Hunter dibentuk mulai awal bulan Oktober lalu. Tim ini melakukan operasi yustisi prokes di berbagai wilayah baik itu surabaya barat, utara, timur, pusat, dan selatan. Di masing-masing kecamatan mereka juga bergerak bersama Koramil dan Polsek untuk melakukan sosialisasi protokol kesehatan sekaligus menindak para pelanggar prokes. Para pelanggar prokes terutama yang tidak menggunakan masker itu langsung dilakukan tes swab di puskesmas setempat.(bid/tin

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Truk di Tol Ngawi-Solo

Kecelakaan Mobil di Raya Darmo

Mendung Sore Ini

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Surabaya
Selasa, 20 Oktober 2020
30o
Kurs