Jumat, 26 April 2024

Satgas Covid-19: Data Pusdatin Kemenkes Berdasarkan Pembuktian Uji Laboratorium

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Dokter Reisa Broto Asmoro Juru Bicara Satgas Covid-19. Foto: Biro Pers Setpres

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meluruskan perdebatan soal perbedaan data kematian pasien Covid-19 yang dicatat Kementerian Kesehatan dan Rumah Sakit Online.

Reisa Broto Asmoro Juru Bicara Satgas Covid-19 mengatakan, pihaknya sudah mengkonfirmasi Kementerian Kesehatan dan menyatakan data kematian yang tercatat Rumah Sakit Online belum tentu akibat positif Covid-19.

“Sedangkan data kematian yang dikeluarkan Pusdatin (Pusat Data dan Informasi) Kemenkes atau all record data sudah terkonfirmasi positif Covid-19,” ujarnya di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (18/9/2020).

Maka dari itu, data-data yang ada di rumah sakit masih perlu pembuktian melalui hasil uji laboratorium.

“Bisa disimpulkan data yang ada di RS Online belum semua terkonfirmasi hasil lab,” tegasnya.

Lebih lanjut, Reisa meminta masyarakat tidak memperdebatkan perbedaan data itu. Karena pemerintah sudah mengeluarkan data berdasarkan hasil uji laboratorium yang teruji dan terpercaya.

Selain itu, dia menyebut pemerintah selalu mengedepankan transparansi publik dalam penanganan Covid-19. Indonesia juga selalu melaporkan kasus terkonfirmasi positif dan kasus sembuh setiap harinya.

Lebih lanjut, Dokter Reisa menyarankan masyarakat yang ingin mendapatkan perkembangan data terkini secara lengkap dan akurat di website covid19.go.id atau di website resmi Kemenkes yaitu kemkes.go.id, serta mengikuti informasi resmi yang diumumkan juru bicara pemerintah setiap harinya.(rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs