Rabu, 5 Agustus 2020

Sejumlah Gereja di Jatim Akan Gelar Ibadah Secara Streaming

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jatim melakukan giat penyemprotan disinfektan ke sejumlah lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya banyak orang di Surabaya. Foto: Istimewa

Pimpinan Umat Kristiani menyepakati sejumlah hal berkaitan perkembangan kasus COVID-19 di Jatim. Salah satunya, sudah ada beberapa gereja yang akan melakukan ibadah secara streaming.

Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur yang menyampaikan ini dalam konferensi pers di Gedung Negara Grahadi Jumat (20/3/2020). Dia bacakan hasil kesepakatan pimpinan umat kristiani itu.

Pertemuan yang berlangsung Jumat diikuti Emil sebagai Wakil Gubernur itu dihadiri 18 organisasi umat Kristiani yang ada di Jawa Timur. Penandatanganan keputusan bersama juga sudah dilakukan.

“Intinya, mereka sepakat harus ada upaya untuk menghindari kegiatan yang mengumpulkan massa dalam jumlah besar dan menerapkan social distancing. Tadi juga sudah ada yang akan melakukan ibadah melalui streaming,” ujarnya.

Keputusan bersama itu, kata Emil, juga memuat tentang upaya-upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan gereja. Salah satunya berkaitan sanitasi memadai seperti tempat cuci tangan dan hand sanitizer yang harus tersedia.

“Sebagaimana pertemuan tadi malam dengan MUI, pimpinan umat beragama memang menanyakan kepada pemerintah situasi saat ini. Soal zona merah, zona kuning. Kami sampaikan peta terbaru ini,” ujarnya.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim pun menegaskan, pada kesimpulannya, Pemprov Jatim tetap mengimbau agar berbagai hal yang menghadirkan banyak orang dan berpotensi penyebaran COVID-19 makin meluas agar dihindari.

“Baik merujuk pada imbauan pemerintah maupun imbauan pemuka agama, umat beragama di Jawa Timur diharapkan agar bisa melakukan ibadah di rumah masing-masing,” ujarnya.

Khofifah juga menghormati pandangan para tokoh agama tentang sejumlah hal yang perlu disiapkan bila tetap ada proses peribadatan. Baik penyiapan wastafel dengan air mengalir, disinfektan, dan hand sanitizer, juga penyediaan thermal gun.

Social distancing juga perlu dilakukan. Kami sudah menyampaikan ini semua kepada pemuka umat Kristiani juga umat Islam di Jawa Timur,” katanya.(den/iss/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Fabian Yudhistira

Potret NetterSelengkapnya

Truk Patah As di Gedangan

Truk Muat Pasir Terguling di Balongbendo

Kerikil Berserakan, Lalu Lintas Macet

Fortuner Masuk Sungai Kaliwaron

Surabaya
Rabu, 5 Agustus 2020
25o
Kurs