Sabtu, 20 April 2024

Sejumlah Nakes di RS Unair Surabaya Positif Covid-19

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Ilustrasi. Petugas kesehatan memakai kelengkapan alat pelindung diri ketika simulasi kesiapsiagaan di ruang isolasi di Rumah Sakit Pelindo Husada Citra (PHC), Surabaya, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020). Foto : Antara

Sejumlah tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Unair Surabaya diketahui positif terinfeksi Covid-19. Mereka dinyatakan positif berdasarkan hasil Swab PCR dan Rapid Test.

dr. Alfian Nur Rasyid Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 RS Unair membenarkan hal ini. Tapi, belum diketahui secara pasti jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

“Muncul beberapa data, ada nakes yang positif. Sedang kita tracing. Karena kita masih running (proses) pemeriksaannya. Bertahap. Hari ini tadi juga ada. Meskipun sedang lebaran, kita pengennya semua bisa dilakukan pemeriksaan. Untuk mencari (nakes yang positif Covid-19),” katanya pada suarasurabaya.net pada Minggu (24/5/2020).

Alfian mengatakan, hasil ini berdasarkan tes sekitar sepekan lalu. Mereka yang dinyatakan positif saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah maupun di ruangan isolasi yang telah disediakan pihak RS Unair.

“Jadi beberapa nakes yang teridentifikasi positif, baik positif atau swab, kita tentukan, ini kelompok yang perlu diisolasi di rumah ataukah ke RS. Kalau di RS, kita sudah siapkan ada 20-an tempat untuk isolaai nakes. Ada jaminan untuk keselamatan dirinya, keluarga, dan pasien yang dilayani,” jelasnya.

Alfian mengaku, pihaknya akan terus berupaya optimal memulihkan kondisi kesehatan mereka. Keberadaan nakes, katanya, sangat dibutuhkan di tengah peningkatan kasus positif Covid-19 saat ini.

“Kalau nakes di RS tertular, itu artinya jantung pertahanan untuk bisa merawat pasien sudah tembus. Yang istilahnya, harusnya di RS aman tidak ada penularan,” pungkasnya. (bas/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs