Kamis, 3 Desember 2020

Sendratari Sumpah Merah Putih Ingatkan Pentingnya Persatuan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi. Latihan pementasan Maharaja Airlangga. Foto: Istimewa

Masih dari rangkaian Parade Seni Budaya, pementasan Sendratari Sumpah Merah Putih, Sabtu (24/10/2020) mengingatkan masyarakat tentang pentingnya makna persatuan.

“Selain untuk menyambut peringatan Sumpah Pemuda, lakon Sumpah Merah Putih mengajak masyarakat mengingat pentingnya persatuan dan kesatuan bagi bangsa dan negara ini. Karena sejak lama, persatuan sudah diikrarkan di negeri ini, ” terang Heri Prasetyo sutradara Sumpah Merah Putih, Sabtu (25/10/2020).

Pementasan yang dilaksanakan secara daring tersebut diharapkan ditonton masyarakat luas khususnya para milenial, agar memahami makna persatuan yang tidak hanya sebagai pemersatu bangsa tetapi sekaligus modal bagi pembangunan dan kemajuan bangsa ditengah globalisasi.

Sumpah persatuan sesuai catatan sejarah memang sudah diikrarkan sejak zaman dulu. Ketika nusantara masih dipenuhi kekuasaan para raja sumpah untuk bersatu dan bersama membangun bangsa sudah diikrarkan. Dan seiring perkembangan bangsa ini, seharusnya Persatuan tidak lagi perlu ditawar-tawar.

“Karena itu, generasi muda, atau para milenial perlu menyaksikan pementasan Sendratari Sumpah Merah Putih ini, sebagai bagian untuk mengenali Persatuan yang sejak dulu kala sudah digagas dan diikrarkan bangsa ini, ” tegas Heri Prasetyo.

Tidak kurang, Tri Rismaharini Walikota Surabaya dijadwalkan ikut ambil bagian memainkan lakon Sendratari Sumpah Merah Putih tersebut.

Seperti pementasan seni budaya sebelumnya, lakon Sumpah Merah Putih dijadwalkan juga akan disiarkan secara virtual alias daring. Masyarakat dapat menyaksikan melalui kanal YouTube Pemerintah Kota Surabaya. (tok/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Rumah, 12 PMK Di lokasi

Kecelakaan L300 Tabrak Pembatas Tol Sumo

Hujan Deras di Balonggebang Nganjuk

Surabaya
Kamis, 3 Desember 2020
27o
Kurs