Minggu, 19 September 2021

Usai Upacara Sumpah Pemuda, Danlantamal V Tinjau Pengecekan Acak Urine Bersih Narkoba

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukomono, S.H., CHRMP Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal V) meninjau pelaksanaan pengecekan mendadak dan acak terhadap urine prajurit dan PNS di Serambi Mako Lantamal V, Jl. Laksda M. Nazir No. 56 Surabaya, Senin (28/10/2019). Foto: Istimewa

Usai pelaksanaan Upacara Sumpah Pemuda, Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukomono, S.H., CHRMP Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal V) meninjau pelaksanaan pengecekan mendadak dan acak terhadap urine prajurit dan PNS di Serambi Mako Lantamal V, Jl. Laksda M. Nazir No. 56 Surabaya, Senin (28/10/2019).

Sedikitnya 55 personel dari perwira, bintara, tamtama, dan PNS Mako Lantamal V yang dipilih langsung secara acak oleh Polisi Militer dan PAM Lantamal V diarahahkan ke meja perugas dari Dinas Kesehatan Lantamal V yang sudah siap dengan kelengkapan uji Narkobanya.

Dalam peninjauan tersebut, Komandan Lantamal V didampingi Kolonel Laut (P) Kelik Haryadi Asintel Lantamal V, Kolonel Laut (KH) Ambyah Wiharjono Aspers Danlantamal V, Kolonel Laut (PM) Joko Tri Suhartono Komandan POM Lantamal V, Kolonel Laut (K) dr. Saptono Putro Kadiskes Lantamal V, Letkol Marinir Endrawan Rahmania Danyonmarhanlan V dan pejabat Lantamal V terkait lainnya.

Danpom Lantamal V mengatakan bahwa kegiatan tes urine yang bersifat dadakan dan acak ini bertujuan untuk meminimalisir adanya penyalahgunaan Narkoba dikalangan prajurit khususnya anggota Lantamal V.

“Kami pilih tadi dilapangan apel secara acak siapa saja yang akan menjalani tes urine. Total ada 55 orang yang menjalani tes urine,” kata Joko sapaan akrab Danpomal Lantamal V ini melalui edaran pers.

Semetara itu Komandan Lantamal V di sela-sela peninjauan mengapresiasi jajaran POM dan PAM Lantamal V melakukan tes urine yang dilaksanakan secara dadakan sebagai upaya satuan untuk melaksanakan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) terhadap seluruh anggota.

“Bahaya Narkoba memang perlu penanganan semua pihak, termasuk dari personel TNI, untuk itu pihaknya berupaya melakukan pencegahan baik melakukan sosialisasi maupun tes urine bagi anggota Lantamal V,” ujarnya.

Menurutnya, ajakan dan seruan kepada prajurit dan masyarakat umum untuk menjauhi Narkoba harus terus dilakukan, sebab Narkoba bisa merusak masa depan anak bangsa.

Ia juga berayukur, dari 55 personel yang tadi menjalani pengecekan urine secara acak dan dadakan, dinyatakan petugas dari Diskes Lantamal V, mereka negatif atau bersih dari penggunaan Narkoba.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Antre Vaksin di T2 Juanda

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Antrean Vaksinasi di Grand City Surabaya

Surabaya
Minggu, 19 September 2021
28o
Kurs