Jumat, 29 Maret 2024

Sepuluh Orang yang Kontak dengan Pasien Positif Corona Bersedia Diperiksa

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto (kiri) dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Foto: Antara

Kementerian Kesehatan sudah melacak 10 orang yang melakukan kontak dengan dua pasien positif Covid-19 meski dikhawatirkan akan muncul lebih banyak orang yang melakukan kontak dekat.

Achmad Yurianto juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, dilansir Antara, 10 orang tersebut sudah menyanggupi akan datang ke RSPI Sulianti Saroso untuk melakukan pemeriksaan.

“Satu persatu kami tanya, mereka tidak mengeluh sakit apapun, yang jelas mengeluh kekhawatiran, ketakutan,” kata Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) itu dalam konferensi pers di Kemenkes, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Sebelumnya, dua orang warga Indonesia diumumkan positif terinfeksi Covid-19 setelah melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang melakukan perjalanan ke Indonesia.

WN Jepang tersebut dinyatakan positif Covid-19 setelah kembali ke Malaysia dan dari sana Kemenkes melakukan tracking (penjejakan) yang berujung kepada dua orang WNI tersebut.

Sampai saat ini, pihak berwenang terus melakukan pelacakan orang-orang yang pernah melakukan kontak dekat dengan pasien positif di kluster Amigos di Jakarta tersebut.

Amigos adalah nama lokasi tempat yang dikunjungi WNI positif Covid-19 dan WN Jepang saat berada di Jakarta.

“Kemungkinan masih akan ada lagi di kluster itu lebih dari 10 yang kita sudah lacak hari ini. Ini akan tetap kita lakukan mudah-mudahan mereka semua negatif agar supaya tidak terpikir sub-kluster lagi,” kata Yuri.

Jika terjadi sub-kluster, kata dia, maka kasus pelacakan bisa menjadi beranak pinak.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs