Baru-baru ini beredar di media sosial pedagang di platform jual-beli online Shopee, Tokopedia dan Bukalapak menjual surat keterangan dari rumah sakit yang menyatakan bebas Covid-19 dan surat perjalanan dinas.

Intan Wibisono Head of Corporate Communications Bukalapak menyatakan mereka sudah menurunkan produk dagang berupa surat perintah perjalanan dinas (SPPD).

“Karena produk ini melanggar syarat dan ketentuan berjualan di Bukalapak, maka kami take down,” kata Intan, dilansir Antara, Kamis (14/5/2020).

Bukalapak melarang pedagang untuk menjual produk yang melanggar aturan hukum, baik hukum yang berlaku di Indonesia maupun kebijakan Bukalapak. Mereka memiliki tim untuk memantau jenis barang yang dijual di platform tersebut.

“Jadi kalau ditemukan produk seperti ini, pasti akan segera kami take down,” kata Intan.

Platform Tokopedia juga membenarkan, ada penjual nakal yang menjual surat keterangan sehat bebas Covid-19.

“Saat ini, kami telah menindak produk dan/atau toko yang dimaksud sesuai prosedur,” kata Ekhel Wijaya External Communications Senior Lead Tokopedia, dalam keterangan resmi.

Tokopedia menegaskan tidak ada transaksi surat keterangan bebas Covid-19 tersebut dan melarang penjual lainnya untuk memasukkan produk seperti ini di platform.

“Kami juga kembali menegaskan, saat ini Tokopedia telah melarang tayang produk dan/atau toko yang melanggar tersebut. Walau Tokopedia bersifat User Generated Content, di mana setiap penjual bisa mengunggah produk secara mandiri, kami tidak pernah mendukung praktik tidak bertanggung jawab seperti ini,”tegasnya.

Surat keterangan bebas Covid-19 juga ditemukan di platform Shopee, namun, platform tersebut tidak memberikan keterangan hingga berita ini ditulis. (ant/ang/rst)