Kamis, 24 September 2020

Unair Masuk Top 301-400 Dunia Versi THE World University Rangkings

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya  meraih poisisi Top 301-400 Perguruan Tinggi Dunia versi lembaga pemeringkatan dunia yang berdomisili di Inggris, Times Higher Education World University Rankings (THE WUR).

Prof. Badri Munir Sukoco Ketua Badan Pengembangan dan Perencanaan (BPP) mengatakan, Unair baru pertama kali ini mengikuti pemeringkatan yang digelar Times Higher Education.

“Pemeringkatan ini sungguh luar biasa karena merupakan inisiatif Times Higher Education World University Rankings untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan atau SDGs 2030 yang digagas PBB,” kata Prof Badri.

Tercatat ada 17 agenda yang digagas dalam SDGs. Salah satu agenda adalah peran Perguruan Tinggi di dunia untuk turut serta mewujudkan SGDs 2030.

“Khusus THE WUR ini, dari 17 agenda ada 11 inisiatif kegiatan yang digunakan untuk perguruan tinggi dari berbagai dunia,” ujar Prof. Badri dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net pada Rabu (22/4/2020).

Dari 11 agenda, masing-masing perguruan tinggi bisa mengikuti paling sedikit empat agenda. Unair, kata Prof. Badri sudah mengikuti empat kriteria tersebut.

Dari empat agenda inisiatif yang diikuti UNAIR, di bidang kesehatan atau Good Health and Wellbeing, Unair menduduki peringkat 93 dunia dengan skor 75,6.

Selanjutnya, dalam bidang No Poverty atau bidang untuk mengurangi kemiskinan dengan memberikan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu, UNAIR menempati posisi Top 101-200 dunia.

Hal senada di posisi Top 101-200 dunia, juga diikuti oleh bidang Reduced Inequalities yang merupakan bidang untuk menguatkan pemerataan keadilan. Selanjutnya, dalam bidang Partnership for The Goals yang merupakan peran kerja sama di level dunia, Unair memasuki peringkat 301-400 dunia.

“Sehingga, dari keseluruhan kategori bidang yang dinilai Unair bisa menduduki peringkat 301-400 Top Dunia. Tentu ini merupakan kontribusi yang luar biasa bagi semua civitas. Terkhusus dalam bidang kesehatan.
Tidak hanya itu, ini prestasi yang sangat membanggakan dan semoga tahun depan posisi Unair bisa meningkat demi meneguhkan kontribusi Unair bisa dirasakan diseluruh dunia,” pungkasnya. (bas/tin/rst)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Radityo Jufriansah

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Kamis, 24 September 2020
29o
Kurs