Kamis, 28 Maret 2024

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Berlangsung Khidmat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang digelar di halaman Istana Merdeka, Senin (17/8/2020). Foto : Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden memimpin upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang digelar di halaman Istana Merdeka, Senin (17/8/2020).

Kepala Negara hadir bersama Iriana Ibu Negara, dan didampingi Ma’ruf Amin Wakil Presiden beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin.

Mengusung tema “Indonesia Maju”, peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Indonesia kali ini merepresentasikan Pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara yang memperkokoh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan Indonesia dalam mengisi kemerdekaan.

Keberagaman Indonesia dipersatukan melalui kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa dan memunculkan kekuatan serta kesempatan untuk berkarya tanpa batas.

Walau digelar secara terbatas untuk menyesuaikan dan menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi, upacara peringatan 17 Agustus 2020 tetap berlangsung khidmat.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang digelar di halaman Istana Merdeka, Senin (17/8/2020). Foto : Biro Pers Setpres

Para tamu undangan serta masyarakat yang mengikuti jalannya upacara secara virtual dari latar belakang yang beragam juga antusias mengikuti jalannya prosesi upacara.

Tujuh belas kali dentuman meriam yang menggelegar dari arah Taman Monumen Nasional dengan disertai bunyi sirene panjang menandai dimulainya Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di halaman Istana Merdeka.

Bambang Soesatyo Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), membacakan naskah Proklamasi yang pada 75 tahun lalu dibacakan Ir. Soekarno proklamator, sebagai tanda terbebasnya Indonesia dari belenggu penjajahan.

Selepas itu, Presiden selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara baik yang hadir secara terbatas di lokasi mau pun yang mengikuti secara virtual untuk mengheningkan cipta. Fachrul Razi Menteri Agama memandu pembacaan doa.

Pembacaan doa saat upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang digelar di halaman Istana Merdeka, Senin (17/8/2020). Foto : Biro Pers Setpres

Pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan oleh tiga anggota Paskibraka yang mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Sang Merah Putih tampak gagah berkibar di halaman Istana Merdeka.

Persembahan lagu “Hari Merdeka” dan “Syukur” oleh Gita Bahana Nusantara yang ditayangkan secara virtual menjadi akhir prosesi sebelum Komandan Upacara melaporkan kepada Inspektur Upacara bahwa rangkaian Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia telah selesai dilakukan.

Sekadar diketahui, prosesi Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain memakai masker dan menjaga jarak, para peserta atau perangkat upacara terbatas juga terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Jokowi Presiden mengenakan busana adat dari Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) saat upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang digelar di halaman Istana Merdeka, Senin (17/8/2020). Foto : Biro Pers Setpres

Sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara dan menteri hadir secara langsung dalam upacara peringatan tersebut, antara lain Bambang Soesatyo Ketua MPR RI, Puan Maharani Ketua DPR RI, ‎dan La Nyalla Mattalitti‎ Ketua DPD RI.

Kemudian, Agung Firman Sampurna Ketua BPK, Muhammad Syarifuddin Ketua MA, Anwar Usman Ketua MK, Jaja Ahmad Jayus Ketua KY, Marsekal Hadi Tjahjanto Panglima TNI, dan Jenderal Pol. Idham Azis Kapolri.

Sementara itu, sejumlah Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terdahulu mengikuti jalannya upacara secara virtual dari kediaman masing-masing.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs