Kamis, 24 September 2020

UTS Online, KBM Tatap Muka Ditiadakan untuk Cegah COVID-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Suasana sepi di kampus Universitas Krieten (UK) Petra Surabaya, setelah dihentikannya perkuliahan. Foto: Totok suarasurabaya.net

Beberapa kampus di Kota Surabaya, Senin (16/3/2020) mengikuti sejumlah kampus lain sebelumnya, dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 memilih pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) online dan kegiatan belajar mengajar (KBM) tanpa tatap muka.

Rektorat Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya melalui surat edaran Rektor tertanggal 16 Maret 2020 nomor 0573/UKP/2020 menyampaikan beberapa aturan dan ketentuan sekaligus himbauan kepada segenap sivitas akademika UK Petra dalam rangka mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Dalam surat edaran itu disebutkan bahwa seluruh aktivitas kemahasiswaaan dihentikan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Mulai Senin (16/3/2020) sampai dengan Kamis (9/4/2020) seluruh kegiatan kemahasiswaan termasuk KBM dan UTS dilaksanakan dengan online.

Surat edaran yang ditandatangani Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito M.Eng., Rektor UK Petra Surabaya juga menyebutkan untuk sementara penghentian aktivitas mahasiswa yang kemungkinan melibatkan banyak orang di kampus.

Di Universitas Ciputra (UC) Surabaya, seiring dengan beredarnya surat edaran yang ditandatangani Ir. Yohannes Somawiharja M.Sc., Rektor Universitas Ciputra, mulai Senin (16/3/2020) seluruh aktivitas ujian dan pelaksanaan perkuliahan dilakukan secara take home dan online.

Sedangkan untuk dosen dan seluruh staf Universitas Ciputra bekerja seperti biasa. “Mulai Senin (16/3/2020) sampai dengan Senin (3/4/2020) seluruh aktivitas mahasiswa termasuk ujian dan perkuliahan dilaksanakan menggunakan sarana online. Ujian bisa take home dan online,” terang Yohannes Somawiharja Rektor Universitas Ciputra.

Sementara itu, berdasarkan surat edaran nomor 3892/Ed.20000/03/20 tentang Kebijakan Penanganan Corona Virus Disease (Covid 19), STIE Perbanas Surabaya menetapkan langkah konkrit.

Diantaranya, kegiatan sterilisasi lingkungan kampus, kebijakan kegiatan akademik, kebijakan kegiatan non akademik (kemahasiswaan), imbauan pencegahan, dan penundaan atau pembatalan perjalanan dinas.

Dr. Yudi Sutarso, S.E., M.Si., Ketua STIE Perbanas Surabaya, menyampaikan sterilisasi dilakukan dengan dekontaminasi dan penyemprotan disinfektan sarana dan prasarana di lingkungan kampus secara berkala.

Kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring atau online melalui laman atau halaman e-learning.perbanas.ac.id berbasis moodle dan webinar.perbanas.ac.id, serta media lainnya sampai 28 Maret 2020.

“Layanan administrasi dan perpustakaan tetap berjalan, namun terbatas sistem online maupun media sosial. Untuk jam layanan administrasi di lingkungan STIE Perbanas Surabaya pun dibatasi. Untuk mereka yang sakit dengan gejala seperti demam, batuk pilek, sakit tenggorokan, atau sesak nafas, sebaiknya segera mengisolasikan diri di rumah,” terang Yudi Sutarso.

Sedangkan kegiatan kemahasiswaan baik organisasi maupun kegiatan lainnya yang melibatkan mahasiswa di dalam maupun di luar kampus, untuk saat ini ditunda atau dibatalkan.

“Bahkan, aktivitas perjalanan dinas dosen maupun tenaga kependidikan, baik di dalam maupun luar negeri, untuk sementara ini ditunda atau dibatalkan,” pungkas Yudi Sutarso, Senin (16/3/2020).(tok/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Radityo Jufriansah

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Kamis, 24 September 2020
28o
Kurs