Kamis, 26 November 2020

Pandemi Virus Corona, Kegiatan Belajar di Kampus Untag Diganti Daring

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
ilustrasi

Pandemi virus corona (Covid-19), berdampak pada kegiatan belajar mengajar di kampus Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. Rektorat Untag Surabaya mengeluarkan surat edaran, bahwa mulai Senin (16/3/2020), kegiatan belajar mengajar tidak dilakukan tatap muka atau diganti dengan pembelajaran jarak jauh (daring).

Berdasarkan surat edaran Rektor Untag Surabaya nomor 0503/K/Um/III/2020, bahwa proses kegiatan belajar mengajar untuk program D3, S1, S2 dan S3 dalam bentuk tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring melalui fasilitas Siakad Untag Surabaya, Program E-Learning Untag Surabaya, Mailing list, WA Group, Skype dan sejenisnya.

Sedangkan untuk kegiatan praktikum laboratorium, bengkel, studio, microteaching dilaksanakan dengan memberikan tugas lain yang relevan sesuai dengan capaian pembelajaran.

Demikian juga dengan kegiatan lapangan seperti KKN, PKL, Magang, Pertukaran Mahasiswa atau Dosen, untuk sementara waktu dikompensasikan dalam bentuk kegiatan lain.

Untuk bimbingan tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi juga dilaksanakan secara online, dan pelaksanaan ujian proposal, ujian tugas akhir, ujian tesis, ujian finalisasi, ujian tertutup dan ujian terbuka disertasi untuk sementara waktu ditunda sampai ada pemberitahuan selanjutnya.

Seluruh perubahan kegiatan belajar di Kampus Untag Surabaya yang dilakukan lewat surat edaran yang ditandatangani Dr. Mulyanto Nugroho MM., CMA., CPA., Rektor Untag Surabaya tertanggal 14 Maret 2020 dan ditujukan kepada segenap civitas Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, juga memuat sejumlah penundaan dan anjuran kepada segenap civitas universitas.

Diantaranya, penundaan terhadap seluruh perjalanan dinas ke luar negeri dan dalam negeri untuk sementara waktu, melakukan perilaku hidup sehat, serta mengkonsumsi makanan sehat, dan lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun atau sanitizer.

Namun demikian kegiatan layanan administrasi akademik dan non akademik di Untag Surabaya, selama pelaksanaan perubahan kegiatan belajar mengajar tersebut yang dimulai Senin (16/3/2020) sampai Sabtu (21/3/2020) sesuai surat edaran tetap berjalan seperti biasa.

Sementara itu, pada Minggu (15/3/2020) Untag Surabaya bakal melakukan sterilisasi kampus dan lingkungan sekitarnya.

“Sesuai rencana saterilisasi dimulai pukul 08.00, info sampai malam ini seperti itu,” tegas Karolin Rumandjo, M.Psi., Kepala Bagian Humas Untag Surabaya, Sabtu (14/3/2020). (tok/ang)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok di Flyover Trosobo

Proses Pencarian Korban Tenggelam di Taman Sidoarjo

Kecelakaan Mobil di Tol Porong arah Sidoarjo

Truk Terguling, Lalu lintas Macet

Surabaya
Kamis, 26 November 2020
34o
Kurs