Selasa, 19 Maret 2024

WHO Sebut Manfaat Menyusui Lebih Tinggi Daripada Risiko Infeksi Covid-19

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Bayi yang baru lahir, Phuc An, dengan memakai pelindung wajah terlihat sebelum meninggalkan rumah untuk mendapatkan vaksinasi, di tengah penyebaran penyakit Covid-19 di Hanoi, Vietnam, 13/4/2020. Foto: Reuters/Kham

Ibu menyusui sepertinya tidak menularkan virus corona kepada bayi mereka dan, berdasarkan bukti terkini, manfaat pemberian ASI lebih besar ketimbang potensi risiko penularan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat (12/6/2020).

Tedros Adhanom Ghebreyesus Dirjen WHO menyebutkan bahwa pihaknya secara hati-hati meneliti risiko perempuan menginfeksi Covid-19 kepada bayi mereka selama menyusui.

“Kami tahu bahwa anak-anak relatif berisiko rendah terhadap Covid-19, namun berisiko tinggi terhadap berbagai penyakit dan kondisi yang jika tidak diberi ASI,” kata Tedros yang dikutip Reuters dan dilansir Antara, Sabtu (13/6/2020).

“Menurut data yang ada, imbauan WHO adalah bahwa manfaat menyusui lebih tinggi ketimbang kemungkinan risiko penularan Covid-19,” katanya.

Anshu Banerjee, penasihat senior pada Departemen Penelitian dan Kesehatan Reproduksi WHO, menyebutkan bahwa hanya “fragmen” virus yang sudah terdeteksi pada ASI, bukan virus hidup.

“Sejauh ini kami belum mampu mendeteksi virus hidup pada ASI,” katanya. “Jadi risiko penularan dari ibu ke anak hingga kini belum pastikan.”(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
35o
Kurs