Kamis, 25 April 2024

Wujudkan Imajinasi Desain Mahasiswa, Lasalle College Gandeng Sogo

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Mahasiswi Lasalle College mempraktekkan teori dna menuangkan ide di window display Sogo Tunjungan Plaza. Foto: Humas Lasalle College

Wujudkan Imajinasi desain, mahasiswa dan pengajar Lasalle College Surabaya gandeng Sogo Tunjungan Plaza, menghadirkan real project kolaborasi. Sebuah kesempatan bagi mahasiswa menuangkan ide kreatifnya dalam proyek kerja sama dengan pelaku bisnis sesungguhnya.

Lima tema yang dihadirkan pada proyek kolaborasi itu diantaranya adalah Where the Wind Blows, Reach Out, The Creation of Love, The Gentlemen’s Den dan #TransformQuickSafe. Kelima tema desain itu ditampilkan langsung pada window display yang disediakan Sogo hingga Desember 2020.

Sri Haryanti Store Manager Sogo Tunjungan Plaza Surabaya menyampaikan bahwa pihaknya sengaja memberikan kesempatan pada mahasiswa Lasalle College mengisi window display Sogo sebagai ruang bagi mahasiswa menyampaikan ide dan aktualisasi diri sebelum memasuki dunia kerja.

“Tentunya sebelum window display jadi mereka harus menyiapkan konsep dan melakukan presentasi kepada kami dan team Head Office Sogo untuk menyamakan persepsi dan tema sesuai permintaan Sogo, sehingga para customer Sogo dan pengunjung Tunjungan Plaza dapat menikmati visual yang dibuat oleh para mahasiswa,” terang Sri Haryanti.

Sementara itu ditambahkan Sakuntala Verlista, Koordinator Program Interior Design Lasalle College Surabaya, bahwa pandemi Covid-19 membuat orang-orang tidak dapat melakukan aktivitas seperti sebelumnya. Dan aktivitas kolaborasi dianggap langkah baik sebagai upaya untuk beradaptasi dan bertahan di masa pandemi ini.

“Walaupun pandemi masih terus berlangsung, tetapi tidak menyurutkan semangat dari para mahasiswa dan pengajarnya untuk menyelesaikan proyek yang merupakan kesempatan untuk dapat menghadapi sebuah tantangan untuk menjembatani ide mereka sebagai seorang desainer muda, keinginan dari klien serta produk yang akan mereka tampilkan,” papar Sakuntala Verlista.

Karena situasi pandemi, proyek portfolio kali ini banyak mengandalkan koordinasi secara remote atau online. Jika terpaksa pertemuan dilaksanakan dengan protokol kesehatan masing-masing tim yang cukup ketat.

Proses pengerjaan proyek ini, seperti misalnya dari Program Interior Design, Graphic Design dan Fashion Business, melibatkan seluruh bagian yang ada, dan desain tersebut dilengkapi dengan karya design ready-to-wear-outfit dari program Fashion Design dan beberapa koleksi dari tenant Sogo, serta portfolio hasil make up dari program Artistic Make Up.

Ditambahkan Alvira, Admission & Marketing Manager Lasalle Collage Surabaya bahwa desain merupakan satu diantara bidang yang mampu bertahan saat pandemi Covid-19 ini. Sebab dunia desain merupakan sebuah pemecah masalah yang kreatif. Desain adalah sebuah investasi, tambah Alvira, dari sisi keterampilan, keahlian, maupun alat yang dimiliki pelaku usaha.

“Dunia desain adalah dunia yang terbiasa dengan perubahan, meski sebelum pandemi Covid-19. Sebab orang kreatif di dunia desain cenderung untuk untuk secara proaktif berpikir di luar kotak, beradaptasi, merencanakan dan berinovasi, memanfaatkan keahlian yang ada untuk memecahkan masalah klien untuk membuat hidup mereka lebih mudah, lebih indah, fungsional, dan nyaman,” tegas Alvira dalam siaran persnya, Rabu (21/10/2020).

Lasalle College sendiri merupakan kampus desain yang menerapkan 80 persen praktik dalam basic curriculum-nya. Agar mahasiswa memiliki banyak pengalaman dan terasah kemampuannya, serta tidak jarang juga yang sudah bisa memiliki karya serta klien walau sebelum lulus dari kuliah.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs