Kamis, 28 Maret 2024

10.000 Garda Nasional Akan Dikerahkan Amankan Pelantikan Joe Biden

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris. Foto: AP

Sekitar 10.000 pasukan Garda Nasional Amerika Serikat yang akan dikerahkan ke Washington D.C. untuk membantu mengamankan pelantikan Joe Biden sebagai presiden AS 20 Januari mendatang, bakal dilengkapi dengan senjata api.

Keputusan itu dibuat oleh Ryan McCarthy Sekretaris Angkatan Darat AS setelah Biro Investigasi Federal AS (FBI) memperingatkan kemungkinan adanya unjuk rasa yang dilakukan oleh massa bersenjata di Washington jelang dan selama pelantikan presiden.

Beberapa pejabat di pemerintah, yang menolak disebut namanya dilaporkan Antara, Kamis (14/1/2021) tidak menyebut berapa banyak pasukan Garda Nasional yang akan diberikan senjata. Namun ia memastikan pasukan Garda Nasional yang akan mengamankan gedung Kongres, Capitol, akan membawa senjata api.

Salah satu pejabat mengatakan Garda Nasional bukan barisan pertahanan terdepan dan mereka akan jadi pasukan yang membantu kepolisian. Setelah adanya kerusuhan di Capitol beberapa hari lalu, pemerintah meyakini mereka perlu diperkuat dengan senjata api untuk pertahanan diri.

Angkatan Darat AS belum menjawab pertanyaan terkait informasi tersebut.

Sebelumnya diketahui ratusan pendukung Trump Rabu pekan lalu menerobos masuk ke Capitol saat Kongres bersiap mengesahkan hasil pemilihan presiden pada 3 November 2020. Massa sempat bentrok dengan petugas dan anggota kepolisian saat mereka berusaha mengevakuasi anggota Kongres.

Setidaknya lima orang tewas akibat kerusuhan di gedung Capitol.(ant/dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs