Senin, 29 April 2024

10 Juta Penduduk Indonesia Sudah Divaksin Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan memberikan keterangan terkait perkembangan pelaksanaaan vaksinasi Covid-19, Jumat (26/3/2021), di Kantor Presiden, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan mengatakan, penyuntikan vaksin Covid-19 dalam program vaksinasi nasional mendekati angka 500 ribu dosis vaksin per hari.

Dari mulai program vaksinasi massal dilaksanakan sampai hari ini, menurut Menkes masyarakat yang sudah menerima vaksin mencapai 10 juta orang.

Perkembangan pelaksanaaan vaksinasi itu disampaikan Budi Gunadi dalam keterangan bersama Airlangga Hartarto Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, siang hari ini, Jumat (26/3/2021), di Kantor Presiden, Jakarta.

Pemerintah berharap tempo penyuntikan seperti yang berlangsung sekarang bisa terjaga, menyesuaikan stok vaksin sebanyak 15 juta dosis per bulan.

“Insyaallah hari ini vaksinasi akan menembus 10 juta dengan kecepatan harian kita sudah mendekati 500 ribu penyuntikan per hari. Sehingga diharapkan di bulan Maret dan April, di mana ketersediaan vaksin adalah 15 juta per bulan, kita sudah sesuai kecepatan penyuntikannya,” ujarnya.

Budi Gunadi bilang, Kemenkes harus menerapkan manajemen yang baik untuk mengatur tempo penyuntikan dosis vaksin, supaya tidak ada kekosongan stok vaksin di Indonesia.

Karena, terjadinya lonjakan kasus di beberapa negara memungkinkan terjadinya embargo pengiriman vaksin.

Hal itu berpotensi mengganggu jadwal kedatangan dan ketersediaan vaksin di Indonesia selama beberapa bulan ke depan, terutama dari negara-negara produsen vaksin yang melakukan embargo.

Lebih lanjut, Menkes mengajak masyarakat untuk membantu mendaftarkan para orang tua dan saudara-saudaranya yang lanjut usia (lansia) untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Tolong dibantu semua orang tuanya, kakek-neneknya, mertua, tante, semua yang di atas 60 tahun tolong segera diajak untuk divaksinasi. Untuk semua kepala daerah dan tenaga kesehatan harap konsentrasi memberikan vaksinasi para lansia,” tegasnya.

Pemberian vaksinasi diharapkan mampu menekan penyebaran virus di kalangan lansia.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs