Jumat, 19 April 2024

100 Penyandang Disabilitas dari Yayasan Bersama Indonesia Sehat Divaksinasi Covid-19

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Salah satu penyandang disabilitas divaksin Covid-19 bertempat di Pemprov Jatim, Kamis (10/6/2021) Foto : Manda suarasurabaya.net

100 penyandang disabilitas sudah menerima vaksin hari ini Kamis(10/6/2021) di Gedung Binaloka Pemprov Jatim.

Teguh Prihandoko Ketua Umum Yayasan Bersama Indonesia Sehat mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Gubernur Jatim karena para disabilitas dan anak berkebutuhan khusus difasilitasi untuk divaksin. “Penyandang disabilitas merupakan salah satu kelompok yang rentan terkena dampak Covid-19,” katanya.

Setelah mengajukan surat kepada Gubernur, kata Teguh, akhirnya diperoleh kesempatan vaksin untuk 100 disabilitas.

“Hari ini kita mendapatkan jatah untuk 100 orang dulu, ya kita terima, nanti kalau dikasih lebih, akan kami atur lagi,” kata Teguh yang untuk vaksinasi hari ini dibantu 10 orang relawan.

Soal proses pendataan siapa saja disabilitas yang divaksin dan bersedia ikut, kata Teguh, ditawarkan langsung kepada mereka. “Dan ternyata mereka cukup antusias, dalam dua hari kuota sudah terisi semua,” jelasnya.

Kata Teguh, kaum disabilitas dan anak berkebutuhan khusus, berhak mendapatkan vaksinasi. Karena mereka sebagai bagian masyarakat Surabaya agar terhindar dari Covid-19.

“Ini juga sebagai trigger bagi Pemda yang lain, juga memperhatikan kelompok ini,” tegasnya.

Teguh berharap ke depan pemberian vaksin untuk para disabilitas ini dibedakan dengan umum, karena ini menyangkut kenyamanan mereka. “Misalnya ada jalur khusus disabilitas yang menggunakan kursi roda, ini untuk memudahkan mereka,” katanya.

Teguh juga menjelaskan, pihaknya juga terus mengusahakan percepatan vaksinasi kepada disabilitas, supaya mendapatkan vaksin secara bertahap.

Dan berupaya untuk mengedukasi dan memberikan informasi yang benar mengenai vaksin Covid-19, sehingga bisa menambah penyandang disabilitas yang bersedia untuk divaksin, untuk itu dia akan bergerak dan berkolaborasi dengan komunitas lain, seperti YPAC dan orangtua yang punya anak berkebutuhan khusus agar bersedia divaksin.(man/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs