Kamis, 28 Maret 2024

10 Ribu Penghuni Rusun di Surabaya Akan Divaksin Serentak Hari Minggu Besok

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Rusunawa Sumurwelut. Foto: Istimewa

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mempercepat vaksinasi tahap ketiga kepada warga Kota Pahlawan. Salah satu sasaran tahap ketiga ini adalah untuk warga penghuni rumah susun (rusun) yang dikelola pemkot Surabaya.

Vaksinasi bagi para penghuni rusun ini akan dilaksanakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya pada Minggu 6 Juni 2021 mulai pukul 08.00, di masing-masing halaman rusun.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, target vaksinasi kepada penghuni rusun ini menyasar 10.190 warga penghuni di 18 rusun yang dikelola Pemkot Surabaya.

Feny menyampaikan, pihaknya akan melakukan vaksin massal kepada seluruh penghuni rusun.

“Bagi mereka yang memenuhi syarat sebagai penerima namun menolak untuk divaksin, maka pemkot menganjurkan agar mencari tempat hunian lain di luar rusun,” tegasnya.

Feny mengimbau warga tidak perlu cemas dan khawatir, agar warga menjadi sehat dan Surabaya terbebas dari pandemi Covid-19.

Sementara Maria Theresia Ekawati Rahayu, Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT) Kota Surabaya, mengatakan, pihaknya telah membuat pengumuman kepada warga penghuni di 18 rusun Surabaya.

Pengumuman itu berupa anjuran kepada para penghuni rusun agar mengikuti vaksin, untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan rusun.

Dalam surat pengumuman yang diterbitkan DPBT kepada warga penghuni rusun itu, juga menyertakan beberapa persyaratan untuk sasaran penerima vaksin.

Syarat tersebut menyatakan penerima vaksin adalah warga rusun berusia 18 tahun ke atas yang belum pernah divaksin Covid-19.

Semua harus daftar dengan wajib menyerahkan fotocopy KTP kepada petugas rusun paling lambat hari Jumat (4/6/2021) ini.

Perlu diketahui, vaksinasi tahap ketiga ini juga menyasar kepada para penyandang disabilitas dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), dengan target sebanyak 5.394 penyandang disabilitas dan 3.671 ODGJ di Kota Surabaya. (ton/frh/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs