Kamis, 18 April 2024

101 Foto Jepretan Ponsel, Karya 26 Fotografer Dipamerkan Virtual

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
flyer

Untuk pertama kali digelar di Kota Surabaya, pameran foto hasil jepretan ponsel karya dari sekurangnya 26 fotografer, Sabtu (20/2/2021) ditampilkan dalam sebuah pameran virtual di ruangvirtual.id

“Ini adalah respon kami terhadap sistuasi dan kondisi saat ini. Dimana pandemi Covid-19 belum usai. Berbagai aktivitas mengalami kendala, termasuk aktivitas kawan-kawan fotografer. Mulai dari fotografer jurnalistik yang bekerja pada media atau sekedar penghobi fotografi mengalami kendala,” terang Budi ‘Uglu’ Sugiharto penanggung jawab pameran, Sabtu (20/2/2021).

Merespon kondisi kekinian itulah kemudian muncul ide menggelar pameran foto jepretan ponsel dengan medium virtual. Beberapa nama fotografer senior di Kota Surabaya muncul dan membagikan karya jepretan ponsel yang pernah mereka buat untuk pameran virtual dengan tema: Sederhana.

Adi Wiratmo fotografer Nyata yang kerap memproduksi foto-foto kuliner, Eric Ireng dengan karya-karya khas tentang dunia militer, Ali Masduki dari koran Sindo Jawa Timur, Munir ‘Cacing’ Abdullah dari koran Radar Surabaya, Totok Sumarno dari Suara Surabaya Media dan Suryanto ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Surabaya ikut menghadirkan karya-karyanya.

“Tidak hanya fotografer media, para penghobi fotografi juga kami undang. Selain dari Kota Surabaya, beberapa penghobi foto asal dari Gersik, Sidoarjo, Lamongan juga Surakarta, turut serta berbagi cerita menampilkan karya-karya yang secara keseluruhan memang harus di jepret menggunakan ponsel,” tambah Uglu sapaan Budi Sugiharto.

Dari 26 fotografer, terkumpul sekurangnya 190 karya foto. Kemudian dilakukan kurasi secara detil oleh tim kurator yang kemudian menghasilkan 101 foto. “Tentunya dengan latar belakang masing-masing fotografer, yang berbeda, yang tidak sama, pameran ini sejatinya lebih pada silaturahmi kami di tengah masa pandemi,” ujar Uglu.

Ditambahkan Suryanto Ketua PFI Surabaya, bahwa meskipun peserta pameran wajib memakai handphone untuk mengeksekusi sebuah obyek, momen atau benda, tetapi karya-karya yang dihasilkan tidak bisa sekedar dipandang sebelah mata saja. “Keseriusan terlihat dari karya-karya yang dihasilkan. Meskipun notabene karya itu dihasilkan dari kamera ponsel,” tegas Suryanto.

Pameran foto virtual di ruangvirtual.id bertema: Sederhana, dibuka Sabtu (20/2/2021) sampai dengan 1 Maret 2021 ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan ulang tahun portal berita jatimnow sekaligus silaturahmi para fotografer dari Surabaya dan sejumlah kota di luar Surabaya.(tok/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
33o
Kurs