Jumat, 25 Juni 2021

18 Wilayah di Jatim Zona Oranye Termasuk Surabaya Raya

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi Covid-19. Grafis: suarasurabaya.net

dr. Syaf Satriawan Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo memaparkan berdasarkan hitungan Bersama Lawan Covid-19 (BLT) yang mencakup 19 indikator, ada 18 wilayah di Jawa Timur yang masuk pada zona oranye, termasuk Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik atau Surabaya Raya.

Status terbaru yang disandang Surabaya Raya ini membuat masyarakat diimbau untuk tidak mengadakan salat Idulfitri berjamaah di masjid atau lapangan, sesuai dengan arahan Menag beberapa waktu lalu.

Menurut dr. Syaf, jika diuraikan ke desa atau RT/RW seperti di Sidoarjo, semuanya sudah berada di zona kuning. Sedangkan status zona oranye didapat dari perhitungan kumulatif.

“Kalau ukurannya suatu wilayah di sebuah kota atau kabupaten mestinya tidak boleh salat Id, tapi kalau lingkup satu desa pendapat saya boleh, asal menerapkan protokol kesehatan, patuh, ketat pada prokes,” ujarnya pada Radio Suara Surabaya, Minggu (9/5/2021).

Di sisi lain, Kabupaten Sidoarjo juga masih terus melaukan upaya-upaya preventif untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan Promkes, promosi kesehatan.

Di antaranya imbauan menggunakan masker jika keluar, keluar jika perlu saja, selalu membawa hand sanitizer di dalam tas ialah upaya-upaya preventif yang perlu dilakukan.(frh/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran di Tanjungsari

Kemacetan di Tol Waru arah Dupak

Gerhana Bulan Total di Waru

Surabaya
Jumat, 25 Juni 2021
30o
Kurs