Senin, 24 Januari 2022

77 Ribu Vaksin Tahap Awal di Jatim untuk SDM Kesehatan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Herlin Ferliana Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur sata memberikan keterangan pada Senin (4/1/2021). Foto: Dok/Denza suarasurabaya.net

Herlin Ferliana Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mengatakan, 77.760 dosis vaksin yang tiba di Surabaya hari ini diprioritaskan untuk SDM Kesehatan.

SDM Kesehatan yang dia maksudkan adalah semua petugas yang bekerja di fasilitas layanan kesehatan dan Dinas Kesehatan di 38 kabupaten/kota.

Menurutnya, prioritas imunisasi vaksin Covid-19 itu sesuai dengan petunjuk teknis yang dikeluarkan Kemenkes. Dalam juknis itu sudah tersusun prioritas satu sampai lima.

“Prioritas satu adalah SDM kesehatan. Baik dokter, perawat, driver, laundry, porter semua yang bekerja di fasilitas kesehatan dan dinas kesehatan,” ujarnya, Senin (4/1/2021).

Herlin menjelaskan, para SDM Kesehatan itu adalah orang paling berisiko tertular karena melayani pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dengan kondisi masing-masing.

Dinkes Jatim mendata jumlah sasaran imunisasi pada kelompok prioritas pertama di Jatim yang dikumpulkan dari laporan Dinkes di 38 kabupaten/kota.

“Tadi malam sudah kami lihat. Terakhir itu ada 193 ribu SDM kesehatan yang ada di Jawa Timur. Betul untuk tahap pertama, 77 ribu ini untuk SDM kesehatan,” katanya.

Soal pendistribusian vaksin, Herlin mengatakan, Dinkes Jatim akan mengirimkan sesuai jumlah sasaran yang ada di masing-masing kabupaten.

“Provinsi akan mengirim ke kabupaten/kota berdasarkan data yang sudah mereka masukan satu pintu. Jadi pusat tahu berapa sasaran di Jatim, Jatim tahu berapa sasaran di kabupaten/kota,” ujarnya.

Pendistribusian vaksin akan diarahkan ke fasilitas kesehatan yang telah terdaftar di masing-masing Dinkes Kabupaten/Kota, yang sudah memenuhi sejumlah syarat

Terutama syarat berkaitan sarana dan prasarana serta SDM yang memadai sebagai tempat pelaksanaan dan pelayanan imunisasi. “Jadi tidak seluruhnya,” katanya.

Herlin berharap, dengan adanya imunisasi terhadap SDM Kesehatan, ada penguatan pelayanan di rumah sakit sehingga menjadi lebih optimal.(den/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Senin, 24 Januari 2022
26o
Kurs